Penyebab dan Bahaya Pencet Jerawat Sembarangan

Minggu, 12 September 2021 16:00

digtara.com – Bagi sebagian orang, jerawat menjadi seperti penyakit yang sulit dihilangkan. Namun kondisi itu bisa diatasi bila ditangani dengan benar.┬áDokter spesialis kulit dan kelamin Edwin Tanihaha menuturkan, tidak boleh sembarangan memencet atau mengempeskan jerawat.

Mengatasi jerawat perlu melihat jenis jerawat yakni komedo atau jerawat inflamasi.

“Untuk komedo dapat di ekstraksi, tapi sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli, sedangkan jerawat inflamasi baiknya di suntik zat antiinflamasi supaya peradangan berkurang dan jerawat bisa lebih kempes, bila perlu bisa ditambah obat antibakteri oral untuk membunuh bakteri di dalam jerawat,” jelas Edwin saat dihubungi CNNIndonesia.com lewat pesan singkat, Selasa (7/9).

Ekstraksi komedo akan mengeluarkan sebum dari pori-pori. Jika jerawat radang mendapat perlakuan sama, ini akan berisiko membuat jerawat makin meradang.

Sebagaimana dilansir WebMD, aktivitas memencet jerawat ‘haram’ dilakukan di beberapa area wajah. Coba bentuk segitiga dengan kedua telunjuk dan ibu jari, Anda akan mendapati titik-titik terlarang yang kerap disebut ‘triangle of death’.

Jika infeksi kulit terjadi di area ini, risiko dari mencoba cara mengempeskan jerawat bisa terjadi komplikasi yang cukup berbahaya. Namun Edwin menyebut aktivitas memencet jerawat tidak sampai memicu kanker kulit.

Hanya saja, sebaiknya hindari memencet jerawat sebab bisa merusak kulit dan mengakibatkan infeksi bakteri.

Godaan memencet jerawat sembarangan mungkin bisa Anda kendalikan. Namun masih ada beberapa ‘pekerjaan rumah’ lain yang perlu diperhatikan jika ingin mengatasi jerawat. Berikut ini penyebab timbulnya jerawat:

1. Makan asal-asalan

Laman: 1 2

Berita Terkait