Peneliti: Gula dalam ASI Cegah Penyakit

Minggu, 12 September 2021 11:00

digtara.com – Para peneliti menemukan bahwa kandungan gula dalam Air Susu Ibu (ASI) bisa mencegah bakteri yang dikenal sebagai grup B Streptococcus (GBS). Bakteri tersebut merupakan penyebab umum dari infeksi darah, meningitis, dan lahir mati pada bayi baru lahir.

Meskipun infeksi GBS sering dapat diobati atau dicegah dengan antibiotik, bakteri ini bisa menjadi semakin resisten.

Melansir dari Healthshots, para peneliti telah menemukan bahwa oligosakarida susu manusia (HMO) rantai pendek molekul gula yang berlimpah dalam ASI dapat membantu mencegah infeksi GBS pada sel dan jaringan manusia dan pada tikus. Ada potensi bahwa HMO mungkin bisa menggantikan antibiotik untuk mengobati infeksi pada bayi dan orang dewasa.

Para peneliti akan mempresentasikan hasil mereka pada pertemuan musim gugur American Chemical Society (ACS). Pertemuan ini menampilkan lebih dari 7.000 presentasi tentang berbagai topik sains.

“Laboratorium kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa campuran HMO yang diisolasi dari susu beberapa ibu donor yang berbeda memiliki aktivitas antimikroba dan antibiofilm terhadap GBS,” kata Rebecca Moore, yang mempresentasikan hasil penelitian pada pertemuan tersebut.

“Kami ingin melompat dari studi in vitro ini untuk melihat apakah HMO dapat mencegah infeksi pada sel dan jaringan dari wanita hamil,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait