Mulai Sering Lupa ? Coba Biasakan Tidur Siang

Jumat, 28 Desember 2018 17:46
Tidur siang membuat daya ingat membaik (ilustrasi)

digtara.com | MEDAN – Usai sering kali dikaitkan dengan menurunnya daya ingat seseorang. Padahal, penurunan daya ingat atau penyakit lupa, yang dipicu pelemahan memori di otak, sebenarnya juga erat kaitannya dengan makanan serta pola hidup seseorang. Termasuk tingkat stress.

Bagi anda yang mengalami persoalan seperti itu, anda bisa mencoba mengobatinya dengan terapi tidur siang.

Meski sering dianggap sebagai hal sepele, dan orang yang tidur siang disela-sela jam kerja biasanya akan dijuluki pemalas. Dan ternyata tidur siang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita loh, salah satunya sebagai relaksasi tubuh dari segudang aktivitas dan pekerjaan.

Biasanya hal ini akan terjadi selepas makan siang, godaan untuk menyandarkan kepala begitu kuat. Kelopak mata tiba-tiba terasa berat dan tatapan ke layar komputer tidak lagi memikat. Sebaiknya jangan melawan rayuan tidur siang ini, sebab beristirahat dengan sejenak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Viralsection, Jumat (28/12/2018), para ilmuan sudah menganjurkan agar melakukan tidur siang sejenak, karena secara umum hal tersebut dapat menimbulkan kekuatan yang menyegarkan dan meningkatkan ketangkasan mental kita.

10-20 menit: Untuk meningkatkan kewaspadaan

Menurut para ahli, kekuatan tidur siang 10-20 menit memberikan kebaikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan memiliki tingkat energi. Jika Anda terlelap sehabis makan siang, jangan lupa untuk minum segelas air putih setelah bangun, karena dapat mengurangi rasa lapar setelah bangun tidur. Hal ini dilakukan agar membantu dalam mengurangi berat badan Anda.

30 menit: Untuk mengurangi rasa lelah yang berlebih

Para ahli mengatakan bahwa Anda harus melakukan lebih banyak kebaikan untuk diri sendiri dengan memanjakan tubuh selama 30 menit di siang hari, karena tubuh dan otak, setelah bangun selama 7-8 jam, perlu diremajakan kembali.

Walaupun terasa sulit tidur sebentar bisa membuat tubuh Anda terasa kaget setelah bangun, tetapi tidur selama 30 menit dapat menghilangkan rasa sakit dalam tubuh.  

60 menit: Untuk pemrosesan memori kognitif             

Jika pekerjaan Anda melibatkan banyak aktivitas mental, ini mungkin durasi tidur siang yang sempurna. Dengan satu jam tidur yang membantu menyumbat otak dan meningkatkan kemampuan kognitifnya, serta, kemampuannya untuk mengingat fakta dan angka .

Hal ini juga membantu melawan frustrasi, tetapi di sisi lain Anda akan terbangun dengan perasaan sedikit pusing dan harus meluangkan waktu untuk menyegarkan diri.

90 menit: Siklus tidur penuh

Menurut peneliti Dr. Sara Mednick , 90 menit tidur siang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Ini meningkatkan daya ingat dan kreativitas, bagian terbaiknya adalah lebih mudah bangun dari tidur siang tanpa merasa pening.

Beberapa manfaat tidur siang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda seperti, baik menurunkan risiko kematian karena jantung, mengurangi stres kardiovaskular, berkurangnya tekanan darah, menurunkan resiko diabetes, membantu penurunan berat badan, dan mencegah demensia.

[AS]

Berita Terkait