Media Sosial Tingkatkan Kesepian Emosional

Selasa, 23 November 2021 14:00

digtara.com – Jika awalnya manusia berkomunikasi dengan bertemu secara tatap muka, maka di zaman yang serba digital manusia bisa berhubungan satu sama lain hanya melalui media sosial. Kondisi ini diklaim bakal menghadirkan kesepian emosional.

Media sosial merupakan sebuah alat, jasa dan komunikasi secara online yang memfasilitasi hubungan orang yang satu dengan yang lainnya.

Melalui media sosial, para pengguna juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti mengunggah foto, video, musik, gambar dan informasi untuk berbagi ide.

Namun, penggunaan media sosial ternyata menimbulkan masalah baru.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana, kecenderungan menggunakan media sosial lebih dari dua jam sehari cenderung membuat penggunanya mengalami kecanduan.

Sebab, mereka yang kecanduan media sosial akan terlarut dalam dunianya sendiri, sehingga malas untuk bergaul dengan teman-temannya di dunia nyata.

Tanpa disadari, hal itu justru membuatnya menjadi berjarak dengan teman-temannya di dunia nyata. Lama kelamaan mereka akan merasa kesepian dan terasing dari pergaulan di dunia nyata.

Kesepian kronis memicu ketidakpercayaan terhadap orang lain, paranoia, dan harapan rasa sakit emosional. Maka dari itu, tak ayal mereka yang kesepian, cenderung minum lebih banyak dan memakan makanan yang kurang sehat.

Selain itu juga terlibat dalam perilaku berisiko seperti menggunakan narkoba dan melakukan hubungan seks tidak aman, baik untuk merasa lebih baik atau mati rasa sendiri.

Dalam penelitian tersebut juga dijelaskan bahwa mereka yang kecanduan media sosial adalah anak-anak yang berada di usia remaja (12-18 tahun).

Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Laman: 1 2

Berita Terkait