Konsumsi Kurma bagi Penderita Diabetes dan Normal, Ada Aturannya

  • Whatsapp
Konsumsi Kurma
Kurma Ajwa atau Kurma Nabi yang berasal dari Madina

digtara.com – Kurma menjadi buah idola saat bulan Ramadhan karena baik di konsumsi ketika berbuka. Tapi bagaimana bila seseorang menderita diabetes?

Diabetes sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula (glukosa) dalam darah terlalu tinggi.

Penyakit ini sering disebut sebagai silent killer karena gejalanya seringkali tak disadari, namun bisa mematikan jika tak ditangani serius.

Muat Lebih

Orang dengan diabetes harus membatasi asupan gula tidak lebih dari 25 gram sehari. Termasuk gula dalam nasi, minuman, dan kudapan.

Lalu, amankah konsumsi kurma bagi penderita diabetes? Sebelum menjawab ini, ada baiknya ketahui dulu kandungan nutrisi dalam buah kurma.

Kandungan Nutrisi kurma

Ahli Gizi Samuel Oetoro mengatakan, dalam 100 gram kurma kering yang beredar di pasaran biasanya memiliki 285 kalori, 50-75 gram karbohidrat, dan 5-7 gram serat.

Kurma kering juga mengandung protein, antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh.

Meski tinggi karbohidratnya, kandungan fruktosa (gula alami) dalam kurma kering lebih tinggi dari kandungan glukosanya.

Kurma juga mengandung serat yang memperlambat proses penyerapan karbohidrat, sehingga gula darah tidak langsung melonjak setelah satu asupan.

Meski demikian, orang dengan diabetes harus tetap membatasi konsumsi kurma. Pasalnya, asupan gula harian tak hanya berasal dari kurma.

Aturan Konsumsi bagi Penderita Diabetes

1. Konsumsi kurang dari 2 buah
Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi kurma terbatas, tidak lebih dari 2 buah kurma sehari. Pasalnya, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi glukosa lebih dari 25 gram.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan