Katanya Kerokan Bisa Sembuhkan Angin Duduk?

  • Whatsapp

digtara.com | JAKARTA – Penyakit angin duduk seringkali dianggap remeh oleh banyak masyarakat Indonesia. Tidak jarang yang beranggapan bahwa penyakit angin duduk bisa sembuh dengan sendirinya atau hanya dengan melakukan kerokan.

Tapi benarkah angin duduk bisa disembuhkan dengan kerokan? Menurut dr Vito A. Damay, Sp.JP (K), M. Kes, FIHA, FICA, anggapan bahwa penyakit angin duduk bisa sembuh dengan kerokan cuma mitos. Ia mengatakan bahwa angin duduk ialah tanda dari penyakit serius.

“Angin duduk itu penyakit berbahaya dan bukan karena masuk angin. Jadi kerokan tidak akan menyembuhkan, dan harus segera ke rumah sakit dan mendapatkan tata laksana medis yang benar,” ujarnya.

Muat Lebih

Ia mengatakan bahwa penyakit angin duduk merupakan gejala awal dari penyakit jantung koroner. Sehingga harus mendapatkan penanganan, seperti mendapatkan pemasangan ring di jantung atau melakukan pengenceran darah, bukan ditangani dengan kerokan.

Ia menambahkan bahwa penyakit jantung koroner juga bisa disebabkan oleh penyakit, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi.

“Jadi penyakit itu meningkatkan risiko angin duduk karena ini penyebab penyakit jantung koroner atau penyempitan di jantung,” kata Vito.

Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk rutin melakukan aktivitas fisik dan menjaga pola makan sehat. Selain itu, Anda juga haru rutin melakukan pemeriksaan medis ke dokter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan