Ini 11 Manfaat Kulit Pisang Yang Patut Anda Ketahui

  • Whatsapp
(ini 11 manfaat kulit pisang yang patut anda ketahui (ist))

digtara.com | MEDAN – Kulit pisang sering kali hanya berakhir di tempat sampah, setelah daging habis di makan. Padahal, si kulit berwarna kuning itu punya banyak khasiat yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan kehidupan kita sehari-hari.

Namun untuk menjadikan kulit pisang sebagai barang yang memiliki banyak kegunaan, tentunya harus diolah sedemikian rupa. Berikut 11 manfaat kulit pisang untuk kehidupan anda seperti dilansir dari Times of India, Senin (20/12/2018).

  1. Membersihkan kulit. Gunakan kulit pisang dan letakkan di kulit wajah, dengan sisi putih ke bawah. Pijat dengan lembut selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Ini efektif dalam mengobati jerawat.
  2. Dapat dijadikan body scrub. Ambil satu pisang matang dan campurkan dengan 2 sdt gula kastor dan beberapa tetes minyak esensial. Gunakan scrub ini dua kali seminggu dan lihat perubahannya. Sangat efektif untuk kulit kering.
  3. Pelembab kaki. Daging pisang sangat ideal untuk pijat kaki. Di musim dingin, gunakan pisang matang untuk memijat rasa dan melembapkannya. Penggunaan pisang matang untuk membersihkan kaki juga membuat mereka tidak bau.
  4. Semir sepatu. Sisi dalam pisang matang bisa digunakan untuk menyemir sepatu dan anda siap untuk melangkah keluar dengan percaya diri. Pastikan bahwa kulitnya berwarna kuning dengan bintik-bintik coklat.
  5. Mengkilapkan kayu. Anda juga bisa menggunakan kulit pisang untuk menyemir kayu. Shiner alami berbiaya rendah ini mampu meningkatkan usia lapisan poles.
  6. Mematangkan buah. Menurut para ahli, pisang melepaskan hormon yang disebut ‘Ethylene’. Hormon ini memiliki kualitas pematangan buah dan sayuran lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan buah dan sayuran lain dalam kantong kertas bersama dengan pisang matang dan melihat keajaiban.
  7. Mengangkat noda. Baik itu noda tinta atau kari, kulit pisang adalah solusi sempurna. Gosokkan sisi putih kulit pada noda noda dan kemudian cuci dengan deterjen lembut.
  8. Pengusir serangga. Ambil 1 cangkir cuka sari apel, 1 gelas air dan tambahkan 1 irisan kulit pisang ke dalam larutan. Aduk rata dan semprotkan larutan di dekat lubang drainase dan area taman. Lakukan ini selama seminggu maka Anda akan menyingkirkan serangga dan lalat.
  9. Pupuk alami. Anda akan terkejut mengetahui bahwa kulit pisang adalah pupuk yang efektif. Sebagai pupuk tak berbau kaya akan mineral dan vitamin.
  10. Mengobati sakit maag. Pisang memiliki tingkat pH 5,6 dan menurut ahli kesehatan, ini baik untuk meredakan sakit maag dan dianggap baik untuk orang yang menderita refluks asam.
  11. Meningkatkan kualitas tidur. Beberapa orang selalu diminta untuk menghindari pisang di malam hari, tetapi pisang matang dianggap baik untuk tidur. Yang perlu Anda lakukan adalah merebus 1 gelas air, tambahkan 1 buah pisang yang tidak dikupas, sejumput bubuk kayu manis dan didihkan selama 5-10 menit. Minum larutan sebelum tidur dan keesokan paginya Anda akan merasa segar kembali.

[AS]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan