Epidemiolog Ungkap 3 Kunci Atasi Covid-19 Varian Omicron

Jumat, 07 Januari 2022 18:40

digtara.com – Varian Omicron memiliki tingkat penyebaran lebih cepat dibanding varian delta. Terbukti di beberapa negara terjadi lonjakan kasus COVID-19 akibat menyebarnya varian Omicron. Kunci Atasi Varian Omicron

Indonesia sendiri sudah dimasuki Omicron. Penyebaran Omicron di Indonesia juga terlihat sangat cepat. Karena itu masyarakat diminta waspada.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan tiga kunci penting untuk mencegah penularan varian Omicron yakni vaksinasi, memakai masker, dan tidak berkerumun.

“Vaksinasi, tidak berkerumun, pakai masker adalah senjata kita sekarang untuk menghindari infeksi Omicron,” kata Yunis melansir suara.com–jaringan digtara.com, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Investor Khawatir soal Varian Omicron, Harga Emas Merangkak Naik

Menurut Yunis, saat ini masyarakat sudah mulai longgar dalam menerapkan protokol kesehatan. Oleh karenanya, dia berharap masyarakat kembali meningkatkan konsistensi untuk melakukan protokol kesehatan terutama memakai masker dan tidak berkerumun untuk mencegah penularan COVID-19.

Ia mengatakan Omicron memang memberikan gejala klinis ringan tapi bisa memperbanyak infeksi sehingga kemungkinan bisa menyebabkan gelombang ketiga dengan kasus COVID-19 ringan atau sedang.

Lonjakan kasus varian Omicron telah terjadi cukup signifikan di negara lain seperti Amerika Serikat dan Inggris. Sekalipun vaksinasi di Inggris sudah 80 persen namun kasus tetap tinggi karena varian Omicron.

Yunis mengatakan pemberian vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat berkontribusi untuk membuat gejala COVID-19 menjadi lebih ringan ketika virus SARS-CoV-2 menyerang tubuh.

Laman: 1 2

Berita Terkait