Dinkes Medan Terus Matangkan Persiapan Penyuntikan Vaksin Covid-19

dinkes medan
Vaksin covid-19 saat didistribusikan dari Gedung Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (13/1/2021) (foto:satria/digtara)

digtara.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Medan Edwin Efendi mengatakan pihaknya masih terus mematangkan persiapan pelaksanaan penyuntikan vaksin covid-19 di wilayahnya. Karena itu, Edwin belum bisa berbicara banyak mengenai vaksinasi tersebut.

“Belum matang, nanti kalau udah (matang) dikabari,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (13/1/2021).

Pendistribusian Vaksin Sinovac mulai dilakukan pada Rabu (13/1/2021). Distribusi mulai disebar ke tiga kabupaten/kota, yakni Medan, Binjai dan Deliserdang.

Muat Lebih

Berdasarkan data yang diterima wartawan, jumlah vaksin yang distribusikan ke Kota Medan sebanyak 20 ribu vial, Binjai 5 ribu vial dan Deliserdang 9.060 vial.

Diketahui, sebanyak 20 ribu vial vaksin Covid-19 untuk Kota Medan, Rabu (13/1/2021) tiba di Dinas Kesehatan Medan. Vaksin itu tiba dari gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara diangkut dengan menggunakan mobil boks berwarna hitam yang membawa sebanyak 11 kotak berisi khusus vaksin.

Sedangkan logistik lainnya berupa alat suntik dan alkohol swab menggunakan mobil ambulan milik Dinkes Medan.

Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Medan, Mutia Nimpar menjelaskan, masuknya 11 kotak vaksin sebagai tahap awal bagi Kota Medan.

“11 kotak vaksin berisi 20 ribu vial yang sudah tiba ini, selanjutnya kita simpan dulu di gudang kita disini,” kata Mutia aplikasi gudang lab Dinkes Medan.

Dijelaskan Mutia, usai penyimpanan vaksin itu, pihak yang akan melakukan koordinasi terkait pencanangan dan distribusinya.

“Jadi, setelah ini, kita koordinasi dulu pencanangan dan distribusinya,” ujarnya.

Selanjutnya, Dinkes Medan akan mendistribusikan 20 ribu vial vaksin covid-19 ini ke sejumlah puskesmas. Ia menuturkan, vaksinasi nakes di Medan tidak dipusatkan pada satu tempat, tapi langsung ke puskesmas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan