Berbahayakan Mengkonsumsi Bagian Tulang Ayam Yang Berwarna Hitam

  • Whatsapp
Berbahayakan Mengkonsumsi Bagian Tulang Ayam Yang Berwarna Hitam
Ilustrasi: Ayam Goreng (Int)

digtara.com – Saat memakan ayam goreng, bakar atau panggang, anda pasti sudah tidak heran apabila menemukan bagian berwarna hitam pada tulang ayam. Tak sedikit dari masyarakat yang bertanya, apakah warna hitam pada tulang ayam berbahaya?

Kepala Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner Institut Pertanian Bogor, Dr. drh. Denny W. Lukman menjelaskan bahwa warna hitam yang ditemukan pada tulang ayam sama sekali tidak berbahaya. Kondisi tulang ayam yang menghitam biasa disebut dengan black bone syndrome.

BACA JUGA: Anya Geraldine Posting Foto Seksi, Ngaku Bohay Mirip Ayam Kalkun

Muat Lebih

“Warna hitam pada tulang ayam adalah rembesan zat warna darah dari dalam tulang. Biasanya ini terjadi pada ayam usia di bawah 6,5 minggu akibat pembekuan yang lambat,” terang drh. Denny, seperti diilansir Okezone, Jumat (13/11/2020).

Saat memakan ayam goreng, bakar atau panggang Anda pasti sudah tidak heran apabila menemukan bagian berwarna hitam pada tulang ayam.

BACA JUGA: Terungkap! Diduga Ruben Curi Resep di Ayam Geprek Lewat Karyawan Bagian Dapur

Untuk menghindari rasa khawatir dan tidak nyaman pada saat mengonsumsi ayam, pada kesempatan yang sama drh. Denny membagikan tips untuk mencegah terjadinya black bone syndrome pada ayam. Cara pencegahan bisa dilakukan selama proses pengolahan.

“Ayam dibumbui atau diungkep sebelum dibekukan. Jika mau digoreng, langsung dimasukkan dalam minyak goreng panas,” tuntasnya.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TV. Jangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan