Begini Cara Mencuci Masker Kain, Ikuti Lima Langkahnya

  • Whatsapp
Begini Cara Mencuci Masker Kain, Ikuti Lima Langkahnya
Masker kain digunakan dua orang anak. (Digtara.com/Yusri)

digtara.com – Cara mencuci masker kain yang benar harus kamu terapkan dengan baik. Hal ini disebabkan karena masker kain bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit jika tidak dibersihkan dengan cara yang tepat. Begini Cara Mencuci Masker Kain, Ikuti Lima Langkahnya

Masker kain menjadi pilihan banyak orang karena bisa dicuci, sehingga penggunaannya bisa lebih hemat karena bisa dipakai secara berulang. Berbeda dengan masker bedah yang hanya bisa sekali pakai.

Cara mencuci masker kain yang benar harus dilakukan secara rutin setelah kamu menggunakannya. Untuk pemilihan masker kain sendiri, kamu disarankan untuk memilih bahan kain katun padat, yang tidak tembus cahaya jika dibentangkan ke arah sinar matahari atau sinar lampu.

Muat Lebih

Meski terdengar sepele, menjaga kebersihan masker kain tidak boleh diabaikan. Masker kain yang kotor bisa menjadi tempat pertumbuhan kuman.

Jika terus menggunakan masker yang penuh kuman, kamu justru akan lebih rentan terkena penyakit infeksi. Selain itu, kulit wajahmu tentunya akan lebih mudah mengalami gangguan kulit, seperti maskne.

Berikut dirangkum dari berbagai sumber tentang cara mencuci masker kain yang benar.

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar

Berikut cara mencuci masker kain yang benar menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

Rendam masker di dalam air panas menggunakan sabun atau detergen

Pertama-tama, kamu harus menyiapkan air panas dengan suhu sekitar 60-65o Celcius. Kemudian, tambahkan deterjen dan rendam masker beberapa setelah itu. Selanjutnya, kucek masker kain secara perlahan hingga kotorannya hilang. Kamu juga bisa menggosok selama 20 detik secara perlahan di setiap sisi masker. Hal ini dilakukan karena menguceknya dapat membuat masker rusak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan