Antibodi Penetral untuk Obati dan Cegah Covid-19 Ditemukan

  • Whatsapp
Antibodi Penetral untuk Obati dan Cegah Covid-19 Ditemukan
ilustrasi

digtara.com – Para ilmuwan di AS mengklaim telah menemukan antibodi yang mampu sepenuhnya menetralkan virus korona. Hal ini bisa menjadi terobosan besar dalam proses pencarian cara menyembuhkan COVID-19. Antibodi Penetral untuk Obati dan Cegah Covid-19 Ditemukan

Penemuan itu dibuat oleh tim di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh. Mereka menemukan komponen antibodi 10 kali lebih kecil dari antibodi berukuran penuh yang mampu menetralkan sepenuhnya dan secara spesifik terhadap virus jenis SARS-CoV-2.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell itu menyebut bahwa antibodi itu dinamakan sebagai Ab8 seperti dikutip dari VIVA, Rabu, 16 September 2020.

Muat Lebih

Menurut laporan tersebut, obat Ab8 sangat efektif dalam mencegah dan mengobati penyakit tersebut pada hewan uji coba yakni tikus dan hamster yang terinfeksi.

“Ab8 tidak hanya berpotensi sebagai terapi untuk COVID-19, tetapi juga dapat digunakan untuk mencegah orang terkena infeksi SARS-CoV-2,” kata rekan penulis John Mellors sekaligus kepala Divisi Penyakit Menular di Pitt dan UPMC.

Obat itu juga dilaporkan tidak mengikat sel manusia, menunjukkan bahwa obat itu tidak akan memiliki efek samping negatif pada manusia. Diharapkan obat tersebut juga menjadi potensi pencegahan terhadap SARS-CoV-2 yang telah menyebar ke seluruh dunia.

“Antibodi dengan ukuran lebih besar telah bekerja melawan penyakit menular lainnya dan telah ditoleransi dengan baik, memberi kami harapan bahwa ini bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk pasien dengan COVID-19 dan untuk perlindungan bagi mereka yang tidak pernah mengalami infeksi dan tidak kebal,” tambahnya.

[ya]  Antibodi Penetral untuk Obati dan Cegah Covid-19 Ditemukan

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel YoutubeDigtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan