10 Manfaat Berenang Bagi Anak: Faktor Keselamatan hingga Kesehatan

Jumat, 29 Juli 2022 12:59
int
10 Manfaat Berenang Bagi Anak: Faktor Keselamatan hingga Kesehatan

digtara.com – Berenang memiliki segudang manfaat yang dapat membuat anak berkembang dan mengajarkan mereka banyak hal penting yang berguna di masa depan mereka.

Selain karena masalah keselamatan, melatih anak untuk berenang juga memiliki manfaat lain seperti melatih serta menyehatkan tubuh.

Merangkum dari situs Big Blue Swim School, berikut adalah manfaat mengajarkan anak untuk berenang sejak dini:

1. Faktor Keselamatan

Manfaat pertama dari mengajarkan anak untuk berenang sejak dini adalah untuk faktor keselamatan mereka.

Menurut lembaga CDC (Centers for Disease Control and Prevention), kematian karena tenggelam merupakan penyebab nomor satu kematian terkait cedera di antara anak-anak usia 1 hingga 4 tahun dan menjadi penyebab kematian kedua terbesar untuk anak-anak usia 5 hingga 14 tahun.

Fakta tersebut menunjukan bahwa melatih anak bunda untuk berenang sejak dini dapat menyelamatkan mereka dari risiko kematian yang disebabkan oleh tenggelam di air.

2. Mengembangkan dan Melatih Otot-Otot Tubuh

Manfaat berikutnya dari mengajarkan anak untuk berenang sejak dini adalah untuk mengembangkan dan melatih otot-otot tubuh mereka.

Berenang merupakan olahraga yang menggunakan seluruh kekuatan di tubuh. Maka dari itu, berenang dapat membantu anak untuk mengembangkan otot-otot tubuh mereka dengan aman.

Berenang memiliki risiko cedera yang sangat rendah, yang berarti anak bunda memiliki kemungkinan cedera sendi atau tulang yang jauh lebih kecil daripada saat bermain olahraga lain.

3. Menyehatkan Jantung

Berenang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara efektif yang dapat memperkuat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa berenang secara rutin dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Kesehatan kardiovaskular yang unggul dan otot yang lebih kuat adalah dua manfaat kesehatan dari berenang yang dapat meningkatkan stamina anak.

4. Mencintai Olahraga

Dengan mengajarkan anak untuk berenang dan bermain air sejak dini, ternyata dapat membuat anak mencintai berbagai jenis olahraga selain berenang lho.

Berenang dan bermain air sejak dini dapat mengajarkan anak bunda untuk mengasosiasikan olahraga sebagai sebuah hal yang membuat mereka senang dan dari usia muda.

Hubungan positif antara anak bunda dengan aktivitas olahraga apapun akan terus terbawa hingga mereka besar nanti dan membuat mereka jauh lebih sehat dan juga bugar.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat yang bisa anak bunda dapatkan dari olahraga berenang adalah, anak akan memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik.

Salah satu hal tersulit yang bunda rasakan ketika anak masih kecil adalah menidurkan mereka. Banyak orangtua berjuang untuk membuat anak-anak mereka tidur.

Berenang merupakan olahraga yang menguras banyak energi. Tingkat pengerahan energi ini dapat menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik untuk anak dan membuat mereka lebih mudah terlelap.

6. Membantu Kesehatan Jiwa

Manfaat berikutnya dari mengajarkan anak untuk berenang sejak dini adalah untuk membantu kesehatan jiwa anak.

Berenang dapat membantu pikiran anak menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini disebabkan karena berenang dapat merangsang hormone endorfin yang membantu anak melupakan kesedihannya serta membuat mereka lebih senang.

Maka dari itu, berenang akan sangat membantu kesehatan jiwa anak bunda dan memberikan mereka perasaan senang.

7. Meningkatkan Percaya Diri

Manfaat berikutnya dari mengajarkan anak untuk berenang sejak dini adalah untuk meningkatkan percaya diri mereka.

Percaya diri merupakan sifat yang harus dimiliki anak karena dapat membantu anak sampai dewasa nanti. Berenang membantu anak-anak memperoleh kepercayaan diri karena mereka dapat melihat dan merasakan diri mereka semakin berkembang dalam aktivitas olahraga.

Berenang merupakan olahraga yang membantu anak bunda untuk mengatasi ketakutan mereka dan lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan.

8. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Mengajarkan anak untuk berenang dapat mempengaruhi otak anak dengan meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

Seorang anak yang sudah belajar berenang sejak dini cenderung memiliki keterampilan visual-motorik yang jauh lebih unggul dibandingkan anak-anak lain.

Faktanya, seorang anak yang sudah belajar berenang sejak dini dapat mengembangkan keterampilan mental serta fisik lebih cepat dari teman-teman sebayanya.

9. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Manfaat berikutnya dari mengajarkan anak untuk berenang sejak dini adalah untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi mereka.

Berenang memiliki manfaat fisik yang sangat banyak, mulai dari melatih kekuatan, kelenturan, keseimbangan hingga koordinasi yang jauh lebih baik.

Keterampilan ini dapat berguna tidak hanya di cabang olahraga berenang saja, tapi bisa digunakan pada olahraga lain atau bahkan di kehidupan sehari-hari.

10. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Manfaat terakhir dari mengajarkan anak untuk berenang sejak dini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Berenang nyatanya dapat melatih keterampilan sosial anak. Ketika anak bunda menekuni berenang secara serius, maka anak akan lebih sering berinteraksi dengan sesama perenang muda selama sesi pelajaran.

Keterampilan sosial ini dapat meningkatkan percaya diri anak dan dapat berguna tidak hanya di komunitas sesama perenang saja, namun juga di sekolah dan di tempat lain.

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News

10 Manfaat Berenang Bagi Anak: Faktor Keselamatan hingga Kesehatan

Berita Terkait