LPPM Unimed Beri Pelatihan dan Sumbang Mesin Pencacah Pakan Ternak Alternatif

  • Whatsapp
LPPM Unimed Beri Pelatihan dan Sumbang Mesin Pencacah Pakan Ternak Alternatif
LPPM Unimed Beri Pelatihan dan Sumbang Mesin Pencacah Pakan Ternak Alternatif. (istimewa)

digtara.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimed memberikan pelatihan dan menyumbangkan dua unit mesin pencacah serta peralatan pakan ternak kepada dua kelompok ternak sapi di Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. LPPM Unimed Beri Pelatihan dan Sumbang Mesin Pencacah Pakan Ternak Alternatif

Ketua Kelompok LPPM Unimed, Puji Ratno SSi MPd menjelaskan LPPM telah memberikan diseminasi teknologi mesin pencacah pelepah limbah sawit sebagai pakan ternak alternatif bagi kelompok ternak sapi.

“Kegiatan kami ini memberikan solusi atas permasalahan yang dialami kelompok ternak itu. Permasalahan utama itu, Pengembala dilarang menggembala ternaknya di lahan perkebunan sawit,” ujarnya, Selasa (1/12/2020).

Muat Lebih

Namun, di lokasi itu banyak pelepah sawit yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan alternatif untuk ternak sapi. “Selain itu kami juga memberikan pemahaman dan pelatihan bagaimana fermentasi pakan ternak dari hasil cacah limbah sawit itu,” ungkapnya didampingi anggota Prof Dr Baharuddin ST MPd dan Dedy Husyrizal Syah SE MSi.

Tidak hanya itu, lanjut Puji, mesin pencacah pelepah sawit kepada kedua kelompok ternak tersebut. “Serah terima alat dan mesin cacah ini kita berikan tanggal 8 November kemarin langsung di lokasi untuk menghasilkan pakan fermentasi yang dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Kami juga menyiapkan website kelompok ternak yang dapat digunakan untuk memasarkan hasilnya kepada masyarakat luas,” sebutnya.

Kepala Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul, Ahmad menuturkan terima kasih Desanya telah mendapatkan bantuan berupa alat-alat mesin. “Kalau bisa desa kami juga diperhatikan untuk program-program yang lainnya. Agar bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Kelompok ternak Anugerah dan Kelompok ternak Kerapuh juga sangat terima kasih atas bantuan dan pelatihan yang diberikan dari LPPM dan Kementerian Riset dan Teknologi melalui kompetisi hibah dari Direktorat Jenderal Riset Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset dan Teknologi.

[ya]  LPPM Unimed Beri Pelatihan dan Sumbang Mesin Pencacah Pakan Ternak Alternatif

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *