Jeblok! Rating Kampus di Indonesia Kini Jauh di Bawah Malaysia

Sabtu, 05 Juni 2021 12:00
int/digtara
Cuma UI yang ada di peringkat 200 besar. UGM malah terpuruk diperingkat 385

digtara.com – Tahun 1970-an hingga 1990-an, kampus dan dunia pendidikan di Indonesia masih di atas negara ASEAN, khususnya Malaysia. Tapi kini, rating Malaysia sudah jauh meninggalkan Indonesia.

Universitas-universitas di Malaysia kini mengungguli Indonesia dalam daftar peringkat yang dikeluarkan lembaga pemeringkatan kampus dunia Times Higher Education (THE) dalam kategori Asian University Ranking.

Data terbaru tahun 2021 menunjukkan University of Malaya berhasil menduduki peringkat ke-49 di Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Kuala Lumpur ini sekaligus menjadi kampus nomor satu di negeri jiran tersebut.

UOM mengungguli Universiti Teknologi Petronas atau UTP (111), Universiti Tunku Abdul Rahman (119), Univerti Putra Malaysia atau UPM (136), Universiti Kebangsaan Malaysia atau UKM (150), Universiti Teknologi Malaysia (150), Universiti Utara Malaysia (155), dan Universiti Sains Malaysia (163).

UI Nyaris Keluar 200 Besar

Peringkat Universiti of Malaya bahkan jauh di atas universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) yang berada di posisi 196. Seperti diketahui dari Indonesia hanya UI yang berhasil menembus 200 besar jajaran kampus terbaik di Asia.

Kondisi tahun sebelumnya kurang lebih hampir serupa dimana sejumlah perguruan tinggi Malaysia berada jauh di atas Indonesia.

Ketua Dewan Profesor Universitas Padjadjaran (Unpad) Arief Anshory Yusuf mengungkapkan keprihatinannya atas fakta tersebut. Menurutnya data THE menunjukkan peringkat kampus besar di Indonesia terus menurun dari tahun ke tahun.

Laman: 1 2

Berita Terkait