Tagar #PercumaLaporPolisi Menjadi Viral, lPW: Kapolri Segera Lakukan Evaluasi

Senin, 11 Oktober 2021 11:28
istimewa
Ketua Indonesia Police Whatch (IPW), Sugeng Teguh Santoso

digtara.com – Tagar #PercumaLaporPolisi menjadi viral dan trending topik di Twitter belakangan ini, harus menjadi bahan evaluasi bagi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mewujudkan Polri Presisi.

Lantaran, buntut dari penghentian kasus dugaan tiga anak yang diperkosa ayah kandungnya di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan tersebut, menciptakan isu berskala nasional yang dapat mencoreng institusi Polri.

Bahkan, mencuatnya Tagar #PercumaLaporPolisi itu, secara umum dapat menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap korps baju coklat. Padahal, itu hanya terjadi dalam kasus di Polres Luwu, Polda Sulsel.

Baca: Facebook, WhatsApp dan Instagram Down, Mark Zuckerberg Trending di Twitter

“Akibatnya, seperti kata peribahasa, “karena nila setitik, rusak susu sebelanga,” kata Ketua Indonesia Police Whatch (IPW),
Sugeng Teguh Santoso, bersama Sekjen Indonesia Warga, Data Wardhana, dalam siaran perannya diterima digtara.com, Senin, (11/10/2021).

IPW mengkhawatirkan kasus-kasus lain dalam penegakan hukum yang tidak profesional dilakukan pihak kepolisian, dengan tajam ke bawah tumpul ke atas semakin bermunculan. Oleh karena itu, sudah saatnya Kapolri Listyo Sigit bekerja keras melakukan bersih-bersih di satuan reserse.

Baca: Rekannya Korban Pungli Jadi Tersangka, Pedagang: Ah, Memanglah Polisi Itu Paok Kali

Kapolri Listyo Sigit harus melakukan jurus seperti yang pernah dilakukan oleh mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri (BHD), saat menghadapi kasus Gayus Tambunan. Saat itu beberapa anggota Polri terlibat. Karena itu, BHD mengeluarkan jurus dengan istilah “Ayo Kita Keroyok Reserse”.

Oleh karena itu, Tagar #PercumaLaporPolisi itu, menjadi pembelajaran berharga bagi institusi Polri untuk melakukan pembenahan dan perubahan ke depan. Terutama di bidang reserse yang saat ini banyak dikeluhkan masyarakat.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait