Satu Tergugat Tidak Hadir, Sidang Gugatan Belasan Wartawan di Langkat Ditunda

Kamis, 30 September 2021 18:16
digtara.com/hendra mulya
Digugat Atas Pemberitaan, Sidang Belasan Wartawan Langkat Hari Ini Digelar di PN Stabat

digtara.com – Sidang belasan wartawan yang bertugas di Kabupaten Langkat atas gugatan Susilawati di Pengadilan Negeri Stabat akhirnya ditunda hingga 25 Oktober mendatang.

Ditundanya sidang ini lantaran satu wartawan tergugat tidak hadir dalam persidangan perdana yang digelar di ruang Candra Pengadilan Negeri Stabat, Kamis 30 September 2021.

“Sidang kita tunda hingga 25 Oktober 2021 mendatang. Sebab ada tergugat yang tidak hadir. Sidang ditutup,” kata Nasri SH, MH Wakil Ketua PN Stabat yang saat dalam persidangan ini menjadi Hakim Ketua.

Baca: Digugat Atas Pemberitaan, Sidang Belasan Wartawan Langkat Hari Ini Digelar di PN Stabat

Sebelumnya, para tergugat dalam perkara dengan register Nomor: 58/Pdt.G/2021/PN.STB itu didampingi beberapa penasihat hukum (PH). Begitu juga penggugat yang didampingi oleh dua orang PH, yakni Ayu Tamala SH dan Ahmad Mulia Sembiring Pandia SH.

Usai persidangan, tim advokat tergugat dari LBH Medan, Irvan Saputra mengatakan, bahwa perkara tersebut dinilai prematur. Karena, seharusnya masuk dalam ranah pers, atau sengketa pers.

Baca: Tiga Korban Tanah Longsor di Karo Merupakan Warga Langkat dan Satu Penduduk Binjai

“Ini kan sengketa pers, sebagaimana sesuai dengan amanat undang-undang pers. Kita berharap, nantinya majelis hakim dapat menolak gugatan ini,” kata Wakil Direktur LBH Medan itu.

Sudah melaksanakan Hak Jawab

Di samping itu, kata Irvan, rekan-rekan media juga sudah menerbitkan hak jawab yang dikirim oleh PH melalui email ke redaksi masing-masing media terkait pemberitaan terhadap Susilawati.

Laman: 1 2

Berita Terkait