Pria Asal Medan ini Tipu 19 Pemuda Masuk Pendidikan Kepolisian

(Tersangka penipuan, Ferry Syahputra Hasibuan saat gelar perkara di Polsek Pasar Kliwon, Solo, Selasa 18/12/2018 ( Foto : Ist ) )

Digtara.com|Medan, Seorang pria asal Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara yakni Ferry Syahputra Hasibuan diamankan oleh Polsek Pasar Kliwon Solo. Ferry memberi iming-iming kepada 19 korban untuk bisa mengikuti pendidikan Kepolisian dengan Imbalan sejumlah uang.

Korban sendiri telah mengirimkan uang beratus ratus juta untuk mengikuti pendidikan. Kasus ini dapat terbongkar aparat kepolisian pada Senin (17/12/2018) malam.

Ferry sendiri bertugas sebagi oknum yang berpura-pura menjadi instruktur latihan dasar kepolisian. Untuk mengelabuhi para korban pria ini mengaku sebagai anggota Badan Intelejen dan Pengamanan (Baintelkam) Mabes Polri berpangkat Kompol.

Muat Lebih

Ferry melatih para korban selama beberapa pekan terakhir dikawasan Karesidenan Surakarta. Selain itu juga 3 pekan di salah satu villa di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Sedangkan 3 hari latihan dilakukan di Kusumah Sahid Price Hotel (KSPH).

Hal tersebut karena ada laporan dari Bhabinkamtibmas Kelurahan Kampung Baru akhir pekan silam.

Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Ariakta Gagah Nugraha menejalaskan dari hasil penyelidikan ternyata ada satu laporan masuk terkait kasus penipuan tersebut di Polres Ngawi.

Dari hasil peyidikan awal, modus yang dilakukan komplotan pelaku adalah menjaring para calon siswa yang gagal dalam ujian tahun ini.

Kepada para korban, para pelaku mematok harga. Untuk pendidikan Bintara, korban ditarik uang iuran Rp 550 juta, sedangkan untuk pendidikan Akpol dipatok Rp 1 hingga 2 miliar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan