Presiden Jokowi Melantik Kak Buwas Menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka

Kamis, 27 Desember 2018 19:34
Tangkapan Layar Instagram Presiden Jokowi

Digtara.com | JAKARTA,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Waseso alias Buwas sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2018-2023. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara.

Jokowi awalnya menanyakan kepada Buwas dan anggota Kwarnas untuk melaksanakan UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Kemudian, Jokowi membimbing dibacakannya Tri Satya Pramuka.

“Tri Satya, Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan YME dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Dasa Dharma,” ujar Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2018).

Setelah membacakan Tri Satya Pramuka, Jokowi secara resmi melantik Buwas dan pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka. 

“Saya lantik saudara-saudara sebagai ketua dan anggota pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023. Semoga Tuhan yang Maha Esa memberikan bimbingan-Nya pada kita semua. Amin,” kata Jokowi.

Setelah dilantik, Buwas membacakan ikrar. Ia menyetujui AD/ART Gerakan Pramuka serta UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. 

“Dengan sukarela dan tanggung jawab melaksanakan isi UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Menyetujui AD/ART Gerakan Pramuka dan bersungguh-sungguh melaksanakan tugas kami sebagai anggota dan pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mengantarkan kaum muda Indonesia ke masa depan yang lebih baik,” tutur Buwas.

Acara dilanjutkan sesi foto bersama di Istana Merdeka. Jokowi disambut tepuk Pramuka serta mengajak Kwarnas Gerakan Pramuka selfie dan nge-vlog.

(LPN)

Berita Terkait