Presiden Jokowi Dipastikan Hadir Pada Gelaran Natal Nasional 2018 di Medan

Sabtu, 29 Desember 2018 11:45
Apel Gelar Pasukan (ist)

digtara.com | MEDAN – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dipastikan hadir pada pelaksanaan Natal Nasional 2018, yang akan digelar di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Wiliam Iskandar, Medan, Sabtu (29/12/2018) sore nanti.

Untuk mengamankan datangnya orang nomor 1 di Indonesia itu, personel gabungan TNI dan Polri yang dipimpin langsung oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, menggelar apel pasukan di areal parkir Gedung Serbaguna Pemprov Sumut pada pagi tadi.

Sebagai komandan pengamanan VVIP, Pangdam I/BB telah menyiapkan pengamanan yang cukup ketat untuk sang presiden. Namun mantan Kepala Pusat Penerangan TNI itu enggan merinci berapa banyak personal yang diturunkan untuk melakukan pengamanan.

“Ini rumah dan wilayah kita. Tentu kunjungan bapak kita, akan kita siapkan dengan baik dan maksimal, supaya bapak Presiden beserta rombongan, dalam keadaan aman dan nyaman berada disini,”ujar Pangdam.

Selain personel TNI dan Polri, untuk memastikan perayaan Natal Nasional 2018 berlangsung aman, terlihat personel K-9 menyisir ruangan utama tempat pelaksanaan acara. Mereka juga menggunakan anjing pelacak untuk menyisir setiap sudut ruangan.

Sementara di luar arena acara, terlihat disiagakan sejumlah kendaraan taktis milik TNI dan Polri. Seperti Tank Anoa dan Panser Baracuda.

Dalam apel pasukan Fadhilah mengingatkan, ancaman gangguan keamanan semakin kompleks di tengah perkembangan teknologi. Dalam pengamanan hari ini dia ingin mengetahui sejauh mana kesiapan petugas melakukan pengamanan.

“Selaku Panglima Komando Operasi pengamanan VVIP, saya harus bisa meyakini Satgas Pam dan Sub Satgas Pam serta seluruh unsurnya sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal kerawanan dan kontigensi yang diprediksi dapat terjadi,” jelasnya.

Jenderal TNI bintang dua ini menerangkan, apel menggambarkan totalitas kesiapan pengamanan mulai dari H-1 sampai selesainya kunjungan kerja Presiden dan rombongan. Seluruh petugas akan ditempatkan ke titik-titik sasaran kunjungan.

Mantan Kapuspen TNI ini menekankan agar operasi VVIP ini harus berhasil. Dia memerintahkan agar koordinasi antar instansi terjaga dengan baik.

“Saya harap, personel mampu melaksanakan tugasnya secara maksimal. Pahami tugasnya, serta Check and Recheck sampai akhir,” tandasnya

[AS]

Berita Terkait