Usai Tes Wawancara dan Tes Kesehatan, Timsel Akan Tentukan 24 Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Minggu, 26 Desember 2021 19:05

digtara.com – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan melaksanakan rapat untuk memilih 24 orang dari 48 bakal calon yang mengikuti kedua tes tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Timsel, Juri Ardiantoro menegaskan, usai menggelar tes wawancara dan tes kesehatan, Minggu (26/12/2021).

Sebanyak 24 orang yang dipilih itu terdiri dari 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu.

Baca: Kunjungan Silaturahmi, Partai Buruh Sumut Serahkan SK Kepengurusan ke Ketua KPU Sumut

“(Sebanyak) 10 calon (anggota) Bawaslu dan 14 calon anggota KPU akan kami serahkan kepada Presiden,” ujar Juri di sela pelaksanaan tes wawancara di hari pertama yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari jumlah yang diterima Presiden itu, kemudian bakal diserahkan kepada DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), untuk menentukan 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu terpilih.

Dalam kesempatan itu, Juri menekankan, sejumlah kriteria yang mesti dimiliki calon anggota KPU dan Bawaslu.

Baca: Kunjungan Silaturahmi, Partai Buruh Sumut Serahkan SK Kepengurusan ke Ketua KPU Sumut

Menurutnya, calon anggota dari kedua lembaga tersebut, harus merupakan orang yang memiliki pemahaman terkait kepemiluan, berintegritas, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Tak hanya itu, seorang calon anggota KPU dan Bawaslu harus memiliki perspektif untuk melakukan berbagai perbaikan pemilu di masa mendatang.

“Tadi banyak digali dari 4 orang ini (yang telah diwawancarai) variasi (pertanyaannya) karena kita ingin mendapatkan calon anggota KPU dan Bawaslu yang komplet,” ujarnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait