Keterlambatan Administrasi Pengurusan Kependudukan Jangan Dijadikan Sumber PAD

  • Whatsapp
Keterlambatan Administrasi Pengurusan Kependudukan Jangan Dijadikan Sumber PAD
Anggota DPRD Kota Medan, Syaiful Ramadhan. (ist)

digtara.com – Pemerintah Kota Medan diingatkan agar tidak menjadikan sanksi keterlambatan administrasi dalam pengurusan akte kelahiran dan perubahan kartu keluarga sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Medan, Syaiful Ramadhan, Sabtu (2/1/2021).

Ia menilai sanksi keterlambatan adminsitrasi dalam pengurusan akte kelahiran dan perubahan kartu keluarga pada pasal 109 ayat 2 Ranperda Adminduk Rp 100 ribu terasa memberatkan. Terutama, bagi masyarakat pinggiran yang berpenghasilan rendah.

Muat Lebih

“Namun, kami bisa menerima hal ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan dan bukan merupakan sumber PAD baru bagi Pemko Medan,” kata Syaiful.

Politisi PKS ini menilai, administrasi kependudukan merupakan hak dasar setiap rakyat yang menjadi tanggung jawab negara. Oleh karenanya tertib administrasi kependudukan warga negara harus diatur sedemikian rupa agar identitas setiap warga negara menjadi jelas dan diakui existensinya.

“Pelayanan sistem administrasi kependudukan di Kota Medan sudah cukup baik dalam melayani kebutuhan masyarakat dan ini terbukti dengan diakuinya Kota Medan sebagai kota terbaik ketiga secara nasional dalam pelayanan administrasi kependudukan, untuk itu kami memberikan apresiasi kepada Pemko Medan akan kinerja ini,” ucap Syaiful.

Baca: Kisah Tragis Anak Medan Korban Penculikan 20 Tahun Lalu: Dijual ke Malaysia hingga Jadi Gelandangan

Disampaikannya, pendirian mesin anjungan Dukcapil mandiri juga sudah mulai ada di Kota Medan guna menghindari dan meminimalisir korupsi karena hilangnya persinggungan antara petugas dengan masyarakat.

Ia berharap kedepannya pelayanan ini semakin lebih baik lagi dengan adanya perda penyelenggaraan administrasi kependudukan yang akan kita syahkan bersama pada paripurna hari ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan