Jelang Akhir Tahun 2020, Tiga Perda di Deli Serdang Disahkan

  • Whatsapp
Jelang Akhir Tahun 2020, Tiga Perda di Deli Serdang Disahkan
Pemkab dan DPRD Deli Serdang mengesahkan tiga Raperda menjadi Perda di Ruang rapat paripurna DPRD Deli Serdang, Senin (28/12/2020). (istimewa)

digtara.com – Jelang akhir tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama DPRD Deli Serdang mengesahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) di Ruang rapat paripurna DPRD Deli Serdang, Senin (28/12/2020). Jelang Akhir Tahun 2020, Tiga Perda di Deli Serdang Disahkan

Tiga raperda yang disahkan adalah Raperda tentang penyelenggaraan kearsipan, tentang perlindungan anak dan tentang pengelolaan sampah.

Paripurna pengesahan tiga Ranperda tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Amit Damanik dan didampingi Wakil Ketua T Akhmad Tala’a dan Nusantara Tarigan.

Muat Lebih

Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar mengatakan arsip yang dimiliki daerah merupakan sumber informasi dan bahan pertanggungjawaban pemerintahan daerah serta memori kolektif yang mempunyai nilai dan arti penting dan strategis, antara lain dapat menyajikan informasi Mengenai penyelenggaraan pemerintahan daerah, perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan.

Untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh dan terpercaya, menjamin perlindungan kepentingan pemerintah daerah dan hak-hak keperdataan masyarakat, serta mendinamiskan sistem kearsipan.

Perlu adanya peraturan daerah tentang penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan sebagaimana diatur dalam 3 undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan dan nomor 28 tahun 2012 tentang pelaksanaan 3 undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan.

“Dengan disetujuinya ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan menjadi perda tentang penyelenggaraan kearsipan oleh DPRD Kabupaten Deli Serdang, kami berharap perda tentang penyelenggaraan kearsipan ini menjadi instrumen penting untuk pembinaan kearsipan di Kabupaten Deli Serdang,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar