Dalam Putuskan Sengketa Pilkada, DPW Nasdem Sumut Sebut MK Terapkan Standar Ganda

  • Whatsapp
Dalam Putuskan Sengketa Pilkada, DPW Nasdem Sumut Sebut MK Terapkan Standar Ganda
Ketua DPW Partai Nasdem Sumatera Utara, Iskandar (tengah). (istimewa)

digtara.com – Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam menangani perkara sengketa gugatan hasil pemilihan disorot DPW Partai Nasdem Sumut. Dalam Putuskan Sengketa Pilkada, DPW Nasdem Sumut Sebut MK Terapkan Standar Ganda

Nasdem mencontohkan sikap MK dalam menangani Pilkada di Kabupaten Samosir dan Tapanuli Selatan (Tapsel). Nasdem melihat, di dua daerah itu MK menerapkan standar ganda dalam memutuskan perkara.

Padahal, hakim yang memutuskan perkara tersebut berada di panel yang sama. Untuk gugatan Tapsel MK menolak, sedangkan Samosir diterima.

Muat Lebih

Ketua DPW Nasdem Provinsi Sumut, Iskandar, menjelaskan hakim MK memutuskan sengketa Tapsel ditolak karena dianggap terlambat mendaftar.

“Pleno penetapan hasil rekapitulasi Tapsel itu tanggal 15 Desember 2020, dan diumumkan pada akun media sosial dan website KPU Tapsel pada 16 Desember. Gugatan yang diajukan untuk Tapsel didaftarkan melalui website MK pada 17 Desember 2020 pukul 23.30 WIB. Karena persoalan server dan upload dokumen gugatan baru terdaftar 18 Desember pukul 00.06 WIB,” katanya kepada sejumlah awak media di Kantor DPW Nasdem Sumut, Senin (22/2/2021) sore.

Berdasarkan aturan MK, bahwa gugatan sengketa hasil pilkada didaftarkan paling lama 3 hari kerja setelelah hasil rekapitulasi diumumkan.

“Karena diumumkan hasil rekapitulasi pada 16 Desember, artinya batas akhir pendaftaran adalah 18 Desember pukul 24.00 WIB. Tapi, gugatan yang didaftarkan pada 18 Desember pukul 00.06 WIB ditolak karena dianggap melewati tenggat waktu,” ujarnya.

Hal yang hampir sama terjadi pada gugatan Pilkada Samosir. Hasil rekapitulasi suara diumumkan KPU Samosir pada 17 Desember 2020. Karena 19 dan 20 Desember 2020 adalah akhir pekan, maka 3 hari setelah pengumuman hasil penetapan adalah 21 Desember 2020.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar