BPRK Belum Terbit, KPU Medan Belum Bisa Tetapkan Pemenang Pilkada

  • Whatsapp
BPRK Belum Terbit, KPU Medan Belum Bisa Tetapkan Pemenang Pilkada
Anggota KPU Kota Medan, Zefrizal. (istimewa)

digtara.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan masih menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) RI. Sehingga sebelum BRPK terbit, KPU tidak dapat menetapkan pasangan calon (Paslon) terpilih. BPRK Belum Terbit, KPU Medan Belum Bisa Tetapkan Pemenang Pilkada

“BRPK tersebut akan diumumkan pada tanggal 18 Januari 2021. Sebelum menerima BRPK tersebut, paslon yang menang belum dapat ditetapkan. Kita masih menunggu,” ujar Anggota KPU Medan, Zefrizal kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Menurut dia, gugatan yang tercatat di MK akan dicatat di BRPK. Setelah dicatat, MK akan memberikan secara resmi kepada KPU RI. Setelah diberikan kepada KPU RI, BRPK tersebut akan diteruskan kepada KPU kabupaten/kota.

Muat Lebih

Sekretaris Pemenangan Tim Akhyar-Salman, Wasis Waseso mengatakan, pihaknya juga menunggu hasil keputusan atas permohonan gugatan di MK.

Politikus PKS ini menyebut pihaknya tentunya menginginkan hasil yang jelas terhadap laporan mereka. Wasis menjelaskan bahwa yang digugat ke MK adalah proses Pilkada, bukan hasil rekapitulasi.

“Yang kita permasalahan bukan selisih suara, tapi yang kita permasalahkan prosesnya. Banyak terjadinya dugaan kecurangan yang dilakukan oleh paslon sebelah. Sehingga begitu masif dan terstruktur,” katanya.

Diketahui, kubu Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendaftarkan gugatan sengketa hasil Pilkada Medan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bulan Desember 2020.

Wakil Ketua Tim AMAN, Gelmok Samosir menyebut pihaknya melampirkan sejumlah bukti saat mendaftarkan gugatan perselisihan Pilkada Medan ke MK.

Dalam gugatannya, Gelmok menyebutkan jika ada 8 poin yang menjadi perhatian Akhyar-Salman. “Ada dugaan penggelembungan suara dan pemilih yang tak sesuai KTP setempat. Itu akan diuji dengan bukti yang kita punya,” ucapnya.

[ya]  BPRK Belum Terbit, KPU Medan Belum Bisa Tetapkan Pemenang Pilkada

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan