Akhyar Nasution Dipecat Dari Kader PDIP

  • Whatsapp
Akhyar Nasution Dipecat Dari Kader PDIP
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Istimewa)

digtara.com – Akhyar Nasution resmi dipecat sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Padahal partai politik berlambang banteng moncong putih itu yang menghantarkan Akhyar menduduki sejumlah jabatan.

Mulai dari anggota DPRD Kota Medan hingga menjadi Wakil Wali Kota Medan mendampingi Dzulmi Eldin. Bahkan saat ini Akhyar mengantikan posisi Eldin menjadi Wali Kota Medan meski berstatus sebagai pelaksana tugas.

Akhyar resmi dipecat sejak 1 Agustus 2020 lalu. Pecematan itu merupakan buntut dari keputusan Akhyar untuk tetap maju di Pilkada Medan 2020 dari partai lain, dan tidak patuh pada mekanisme internal partai.

Muat Lebih

Pemecatan Akhyar terungkap dalam surat keputusan (SK) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP bernomor 29-A/KPTS-DPD/DPP/VIII/2020.

SK yang sudah menyebar di kalangan wartawan itu tentang penyesuaian struktur dan komposisi DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara masa bakti 2019-2024. Surat itu ditandatangani langsung Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tertanggal 3 Agustus 2020.

Dalam SK itu, pemecatan Akhyar tercantum pada poin ke 9. “Surat keputusan DPP PDI Perjuangan nomor 44/KTPS/DPP/VIII/2020, tertanggal 1 Agustus 2020 tentang pemecatan Ir Akhyar Nasution dari keanggotaan PDI Perjuangan,” tulis Megawati dalam Surat tersebut.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan, Aswan Jaya, saat dikonfirmasi membenarkan perihal surat keputusan itu.

“Iya benar, pemecatannya tercantum dalam poin ke 9 SK tersebut,” katanya, Minggu (9/8/2020).

Disebutnya, kepengurusan PDIP DPD Sumut adalah suatu yang harus dipatuhi. Sebagai kader harus ikut dengan aturan yang berlaku.

Diketahui, dalam SK itu sendiri, Djarot Saiful Hidayat resmi menjabat sebagai Ketua PDI Perjuangan Sumut secara defenitif. Ia menggantikan Ketua sebelumnyq, Japorman Saragih yang mengundurkan diri dengan alasan keluarga.

Sementara, Akhyar Nasution awalnya menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi. Pasca dikeluarkan SK itu, posisinya digantikan oleh Penyabar Nakhe.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Akhyar Nasution Dipecat Dari Kader PDIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

2 Komentar