Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Wafat

  • Whatsapp
Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Wafat
Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama. (net)

digtara.com – Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, tutup usia. Ia meninggal dunia Rabu, 9 September 2020, pada usia 88 tahun saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta. Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Wafat

Belum diketahui bagaimana kondisi kesehatan terakhir Jakob Oetama sebelum meninggal dunia. Rencananya jenazah akan dibawa ke kediamannya di Jalan Sriwijaya.

Kemudian akan dibawa ke tempat persemayaman terakhir di Gedung Kompas Gramedia dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Muat Lebih

Kabar duka ini disampaikan oleh akun resmi Kompas di Twitter.

“ Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Meninggal Dunia,” tulis akun @Kompastv seperti dikutip VIVA, Rabu, 9 September 2020.

Diketahui, pria kelahiran Magelang, 27 September 1931, merupakan sosok yang berjasa besar dalam industri media Tanah Air. Tak hanya itu, ia pun membangun media lainnya.

Bahkan ia juga mengembangkan bisnis usahaya selain media, seperti perhotelan, pendidikan, dan toko buku Gramedia. Dengan meraih kesuksesan di bidang usahanya, ia pun layak disebut pengusaha sukses.

Tapi, Jakob lebih senang disebut sebagai wartawan. Menjadi wartawan adalah pilihan tepat bagi Jakob Oetama. Hampir 61 tahun ia bergelut di bidang media sejak umur 24 tahun.

Siapa pun pasti sudah tak asing dengan sosok Jakob Oetama. Pria kelahiran Desa Jowaban, 27 September 1931 ini merupakan pendiri Kompas Gramedia Group.

Jakob Oetama bersama rekannya Petrus Kanisius Ojong pada tahun 1965 mendirikan Harian Kompas. Sebelum Harian Kompas lahir, pada tahun 1963, dua sahabat ini sudah mendirikan majalah bulanan Intisari yang berisi ilmu pengetahuan dan teknologi. Majalah ini terinspirasi dari majalah Reader’s Digest asal Amerika.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan