Ormas Islam Geruduk Konjen Tiongkok Di Medan

Jumat, 21 Desember 2018 17:02
Kecam Aksi Kekerasan Muslim Uighur/Ist

digtara.com | MEDAN – Aksi unjuk rasa dilakukan oleh ratusan warga dari elemen ormas Islam di Gedung Konjen Tiongkok di Medan, Jumat (21/12). Aksi ini mereka lakukan untuk mengecam aksi kekerasan yang masih dialami oleh umat muslim di Uighur.

“Usir Cina Komunis. Usir Cina Komunis,” teriak massa.

Dalam melakukan aksinya, pengunjuk rasa terlihat membawa poster-poster berisi kecaman dan desakan agar Pemerintah Tiongkok segera menghentikan aksi-aksi kekerasan tersebut.

Salah seorang koordinator aksi Ustaz Heriansyah menyebut Tiongkok sangat keji karena menyiksa Muslim di Uighur. Dia juga mengungkapkan kekecewaan dengan Konjen Tiongkok yang terkesan menutup diri.

“Tuntutan kita jelas. Mau ada gak ada dia di dalam. Kita menyatakan marah kita kepada Cina biadab,” ungkapnya.

Bahkan dia juga menuntut Presiden Joko Widodo untuk mengusir duta besar Tiongkok dari Indonesia. Jika Jokowi tidak berani, kuat dugaan orang nomor satu di Indonesia itu berlindung dibalik kekuatan Tiongkok.

Hingga berita ini diturunkan unjuk rasa berlangsung. Aksi diberhentikan sementara, memasuki waktu Ashar.

Sebelumnya muncul desakan dari banyak pihak termasuk dari MUI terkait Uighur. Pemerintah Indonesia diharapkan bersikap lebih nyata dalam menanggapi dugaan kekerasan terhadap sesama Muslim itu. Apalagi, posisi Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

“Saudara kita di sana hanya minoritas. Kenapa mereka harus dibunuh. Apakah mereka merusak negara Cina (Tiongkok)?,” ungkapnya

Unjuk rasa ini mendapat pengawal dari ratusan personil kepolisian. Sejumlah kendaraan taktis juga ditempatkan disekitar aksi unjuk rasa.[JNI]

Berita Terkait