Longsor Terjang Jembatan Sidua-dua, Jalur Siantar-Parapat Putus Total

Kamis, 03 Januari 2019 15:04

digtara.com | SIMALUNGUN – Lagi, longsor menerjang Jembatan Kembar Pabrik Ganjang (Sidua-dua), Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (3/1/2019).

Akibat longsor, jalur dari Kota Pematangsiantar – Parapat putus total. Tercatat, ini adalah longsor kelima yang menerjang jembatan Sidua-dua dalam dua bulan terakhir. Pertama kali longsor menerjang pada Selasa (18/12). Sejumlah kendaraan tertimpa material longsor. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Longsor yang kedua terjadi pada Minggu 30 Desember 2018. Selanjutnya pada Senin 31 Desember 2018. Terakhir longsor terjadi pada, Selasa 1 Desember 2019.

Sedangkan untuk peristiwa longsor pada hari in terjadi sekira pukul 12.05 WIB. Saat itu petugas sedang membersihkan material longsor yang sebelumnya.

“Kali ini longsoran sangat besar.Lebih besar dari sebelum-sebelumnya,” kata Kapolsek Parapat AKP Bambang Priyatno lewat siaran videonya.

Sebelum terjadinya longsor, para petugas yang berjaga di lokasi juga sudah mendengar suara gemuruh. Arus kendaraan yang akan melintas langsung dihentikan.

“Kita arahkan untuk balik kanan ke arah Parapat atau Siantar. Untuk mencari kantong parkir terdekat atau memilih jalur alternatif lainnyam,” ungkapnya.

Bambang juga memastikan, evakuasi tidak akan selesai dilakukan hari ini. Karena material longsor yang menimbun jalan sangat besar.

Dari video amatir warga, material longsor yang turun berupa lumpur. Saat longsor, warga yang panik tampak berhamburan. Belum ada laporan korban hingga saat ini.

Berita Terkait