Ini Dia Empat Lokasi Titik Longsor Dijalinsum Parapat

Rabu, 19 Desember 2018 01:43
digtara.com | Sebuah truk tertimbun material longsor di Jembatan Ganda Sibaganding, Parapat

digtara.com |SIMALUNGUN – Jalan Lintas Sumatera Pematangsiantar menuju Parapat, Danau Toba putus total, tepatnya di jembatan ganda Sibaganding yang berjarak 1 kilometer dari Parapat. Tercatat, ada empat titik longsor disepanjang jalur tersebut sehingga menyebabkan seribu lima ratus mobil terjebak kemacetan, Rabu (19/12/2018).

Kapolsek Parapat AKP Bambang Priyatno membenarkan ada empat titik longsor disepanjang jalur Pematangsiantar menuju Parapat. Dari keempatnya, titik longsor di jembatan ganda Sibaganding yang terparah.
“Dilokasi ini ada tiga mobil yang tertimpa material longsor. Kedalaman lumpurnya juga mencapai satu meter,” katanya.

Ini titik lokasi longsor tersebut :

  • Depan Siantar Hotel
  • Depan Hotel Sedayu
  • Seputaran jembatan Sera-sera
  • Perkampungan Bangun Dolok

Ia menjelaskan evakuasi hingga saat ini masih dilakukan dengan menggunakan dua alat berat dan satu mobil pemadam kebakaran.
Dari tiga mobil, dua sudah berhasil dievakuasi sedangkan satu lagi (truk) masih dalam proses. Untuk sementara, ucap Bambang saat dikonfirmasi digtara.com jalur tersebut ditutup total. Jadi kepada pengendara baik mobil maupun sepeda motor untuk mencari jalur alternatif yang bisa dilalui atau mencari lokasi nyaman untuk beristirahat.

Kapolsek pun menghimbau kepada pengendara untuk lebih berhati hati saat melintasi jalur Parapat, selain jalanan yang licin juga lokasi curam dan perbukitan sehingga sangat rawan longsor.

“Tim masih bekerja melakukan evakuasi material longsor, jadi pengendara yang ingin melanjutkan perjalanan silahkan mencari jalur alternatif,” ujar Bambang.

Dalam peristiwa longsor yang diakibatkan banjir bandang tidak ada korban jiwa.

Jalur Alternatif
Pertama

Bagi pengendara yang terjebak kemacetan, digtara.com menawarkan beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui dengan memilih jalur yang ingin menuju Medan yakni melakukan penyeberangan melalui pelabuhan Ajibata, Parapat menuju Tomok. Selanjutnya pengendara menuju Panguluran dan Tele lalu menuju Kabupaten Dairi.

Setelah itu, pengendara melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Karo, Brastagi dan setelah itu menuju Medan.

Kedua
Pengendara yang berada di Parapat, Simalungun dapat kembali ke Porsea, Pabrik Kertas Indorayon, Desa Tangga, keluar Kecamatan Bandar Pulau, Asahan dan menuju Medan.

Bagi pengendara juga harus tetap waspada dan menjaga keselamatan selama dalam perjalanan. (Put)

Berita Terkait