Walikota Beri Tenggat 2 Minggu, Benny Basri Belum Urus Lagi Izin Bangunan Eks Portibi

eks portibi
Walikota Medan, Bobby Afif Nasution saat menyaksikan pembongkaran bangunan eks portibi yang tidak memiliki IMB. (Satria hadhi/digtara)

digtara.com – Pasca ditindak,  Walikota Medan Bobby Afif Nasution memberikan waktu 2 minggu kepada pemilik bangunan eks Kantor Surat Kabar Portibi untuk mengurus perizinan dan mengembalikan bentuknya.

Namun, hingga Jumat (12/3/2021) Pagi, izin yang dimaksud belum diurus oleh pemilik bangunan. Hal itu diungkapkan Kabid Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DPMPTSP Kota Medan, Jhon Lase.

“Belum ada. Sampai sekarang belum ada yang datang untuk mengurus kembali izin bangunan itu,” kata Jhon kepada digtara.com, Jumat (12/3/2021).

Muat Lebih

Jhon menjelaskan sebelumnya pemilik bangunan sudah 2 kali mengajukan izin. Namun, desain yang dilampirkan tak sesuai dengan Perwal Nomor 28/2016 tentang Bangunan-Bangunan Pada Kawasan Di Kota Lama atau Cagar Budaya.

“Sudah lama izinnya itu, cuma ditolak karena desain yang dilampirkannya itu tidak sesuai. Itu bangunan di kawasan cagar budaya, jadi kalau dia mau renovasi atau membangun, tampak depannya itu harus mempertahankan bentuk yang lama.”

Jhon Lase juga mengungkapkan permohonan izin sebelumnya atas nama Benny Basri. Benny dikenal sebagai pengusaha real estate di Sumatera Utara.

“Yang bermohon itu atas nama Benny Basri. Dua kali dia bermohon. Pertama ditolak lalu minta peninjauan ulang, namun tidak ada juga perubahan desain. Wajar saja dibongkar, IMB belum ada, kok dibangunnya. Apalagi di tengah kota, di kawasan cagar budaya juga,” papar John Lase.

Jhon menuturkan, secara keseluruhan, pemilik bangunan hanya terganjal desain depan bangunan dalam permohonan penerbitan IMB.

“Iya, hanya terganjal di desain tampak depan. Di sekitar Kesawan banyak juga yang IMB nya terbit. Cuma ya harus sesuai tampak depan bangunan lama,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan