Viral Bripka Ambarita Paksa Cek Isi HP Orang, Kompolnas: Lapor Propam!

Senin, 18 Oktober 2021 11:15
suara.com

digtara.com – Viral video polisi memaksa untuk menggeledah telepon seluler milik seorang warga saat razia. Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti mengatakan, tindakan yang dilakukan Bripka Ambarita cs itu menyalahi aturan.

Poengky menyarankan agar pemuda yang viral dipaksa untuk menyerahkan telepon selulernya itu agar membuat laporan ke Propram agar tindakan aparat kepolisian yang diduga bersikap sewenang-wenang itu dapat diperiksa.

Baca: Terkuak! Kanit di Polres Siantar Lakukan KDRT Bertahun-tahun, Aniaya Anak Cuma Gegara Galon Air Minum

“Saya sarankan lapor ke Propam Presisi agar Propam dapat melakukan pemeriksaan,” kata Poengky kepada Suara.com, Senin (18/10/2021).

Aksi anggota polisi yang ngotot untuk memeriksa isi HP pemuda itu yang viral di aplikasi TikTok hingga Twitter itu merupakan tayangan yang ada dalam program televisi swasta.

Video lengkapnya juga ada di YouTube.

Poengki mempertanyakan sikap arogansi aparat polisi yang hendak menyita HP pemuda itu.

Anggota kepolisian tidak diperkenankan bersikap arogan main ambil handphone milik seseorang tanpa dasar hukum dan surat perintah.

Bahkan, kata dia, di dalam KUHAP saja penyitaan barang yang diduga berkaitan dengan kejahatan mesti dengan izin pengadilan.

“Polisi di video TikTok tadi dalam kapasitas apa mengambil HP?” tanya Poengky.

Laman: 1 2

Berita Terkait