USU Koordinasi dengan BNN Sebelum Penggebekan Narkoba

Selasa, 12 Oktober 2021 09:15
mag-04
Para tersangka dihadirkan dalam press release BNNP Sumut, kemarin

digtara.com – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN)  Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membongkar peredaran narkoba di lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebut USU memang menjalin koordinasi dengan BNN untuk membersihkan kampus dari narkoba.

“Dari laporan yang saya terima dari Rektor USU, pimpinan USU sedang menyiapkan PTM di USU dan berkoordinasi dengan BNN untuk membersihkan kampus dari narkoba,” ujar Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, kepada detikcom, Senin (10/11/2021).

Setelah berkoordinasi, BNN langsung bergerak mengusut ada tidaknya peredaran narkoba di dalam kampus USU. Setelah mengumpulkan sejumlah informasi, penggerebekan pun dilakukan.

“Sabtu malam (9/10), setelah koordinasi antara BNN Sumut dan USU (Tim Aset). USU yang mengirimkan surat ke BNN untuk melakukan razia terlebih dahulu tanggal 30/9/2021. Setelah itu dilakukan razia di FIB USU oleh BNN terkait narkoba,” kata Nizam.

“Dari razia itu data sementara, yang terjaring 42 orang, setelah tes urine 31 positif dan ditahan 19 orang mahasiswa USU dan alumni USU 12 orang,” lanjutnya.

Hingga saat ini, USU masih terus berkoordinasi dengan BNN untuk tindakan kepada para mahasiswa tersebut. USU, terang Nizam, menjalin kerja sama untuk ‘membersihkan’ titik-titik yang diduga kuat ada peredaran narkoba.

“Saat ini USU terus bekerjasama dengan BNN secara rutin untuk membersihkan lokasi-lokasi di kampus yang selama ini diduga digunakan mahasiswa dan pihak luar. Koordinasi dengan BNN adalah upaya USU agar tidak memberikan ruang lagi bagi mahasiswa dan orang luar menggunakan narkoba di dalam kampus,” tutur Nizam.

“Kami mengimbau mahasiswa dan seluruh warga kampus untuk tidak sekali-kali mendekati narkoba. Gunakan waktu dan energi para mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan sehat, bersungguh-sungguh lah membangun masa depan yang cerah gemilang,” ungkap Nizam.

Sebelumnya, Rektor USU Muryanto Amin juga mengakui telah berkoordinasi dengan BNN Sumut untuk memberantas narkoba di wilayah kampus. Hal itu disampaikan Muryanto untuk merespons penggerebekan yang dilakukan BNN Sumut di FIB USU pukul 22.30 WIB.

“Ya, memang kita sudah berkoordinasi dengan BNN untuk memberantas narkoba di kampus,” kata Muryanto, Senin (11/10/2021).

Muryanto menegaskan tidak akan membiarkan mahasiswa bermain – main dengan narkoba. “Kalau ada akan kita berikan sanksi berat,” ujar dia.

Ia mengatakan, untuk mahasiswa USU yang ditangkap, jika ada yang dikenakan sanksi berat, maka pihak kampus juga akan ikut memberikan sanksi berat pula.

“Kita lihat prosesnya di BNN, kalau nanti bisa dibina dan diperbaiki akan kita kasih toleransi lah. Tapi kalau engga bisa, ya kita berikan sanksi berat sampai ke tahap drop out,” ungkapnya.

Dari awal, pihak kampus telah memutuskan bahwa jangan ada lagi mahasiswa yang berkumpul di kampus sampai malam hari bila memang tidak produktif.

3 Bandar Narkoba

Laman: 1 2

Berita Terkait