Telkomsel Harus Ganti Kerugian Pelanggannya Kata LAPK

  • Whatsapp

Medan – Terkait Kasus padamnya jaringan data seluler Telkomsel yang terjadi pada Kamis (6/12) kemarin sangat memenuhi unsur untuk menjadi materi gugatan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumatera Utara, Padian Adi Siregar yang menyebutkan kasus tersebut sebagai bentuk kegagalan perusahaan memenuhi hak pelanggan.

“Konsumen itu hak dasarnya harus memperoleh kenyamanan, atau menjamin ketersediaan mendapatkan kualitas pelayanan yang baik. itu menjadi alasan bahwa konsumen dapat menuntut kerugian. bahwa karena Telkomsel itu adalah perusahaan menjual data, menjamin ketersediaan keberlangsungan jaringan data, maka ketika dia gagal memenuhi standart pelayanan terkait jaringan data itu maka dia harus mengganti rugi,” katanya.

Padian menjelaskan dalam logika pertanggungjawaban pihak perusahaan dapat melakukannya dalam bentuk ganti rugi akibat kerugian materil yang diakibatkanya. Dalam kasus tertentu seperti kerugian usaha juga dapat menjadi dasar untuk mengajukan gugatan oleh orang per orang dari kalangan konsumen selaku pihak yang dirugikan.

Muat Lebih

“Ketika kerugian tersebut dapat dikonversi menjadi angka kerugian, itu memenuhi unsur untuk menjadi materi gugatan yang harus diganti rugi oleh Telkomsel,” ujarnya.

Namun Padian menegaskan, bahwa gugatan yang dilakukan terhadap Telkomsel sepenuhnya masuk dalam kategori gugatan umum atau yang dilakukan orang per orang. Sedangkan untuk gugatan Class Action hal tersebut menurutnya tidak mungkin dilakukan.

“Pertanggungjawaban umumnya itu bahwa atas gagalnya telkomsel memenuhi layanan, sehingga menyebabkan kerugian,” pungkasnya.

Diketahui kasus padamnya layanan jaringan data Telkomsel terjadi pada Kamis (6/12) lalu. Jaringan data lumpuh total hingga sekitar 8 jam mulai dari pukul 11.30 WIB hingga pukul 19.00 WIB di Kota Medan. Para konsumen pengguna layana Telkomsel mengaku kecewa dan sebagian diantaranya bahkan mengaku merugi.

BACA: Warga Sergai Jadi Korban Penembakan KKB di Proyek Jembatan Jalur Trans Papua

BACA: Inilah Pesan-pesan Terakhir Jefri Sebelum Ditembak Mati KKB di Papua

Pos terkait

Tinggalkan Balasan