Soal Kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua Terpilih, Kemendagri Tunggu Kemenkumham

  • Whatsapp
Soal Kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua Terpilih, Kemendagri Tunggu Kemenkumham
(ilustrasi)

digtara.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hingga kini belum memutuskan status Warga Negara Asing (WNA) Bupati Sabu Raijua terpilih Orient P Riwu Kore. Soal Kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua Terpilih, Kemendagri Tunggu Kemenkumham

Kemendagri mengaku masih menunggu hasil penelitian yang dilakukan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Kita masih tunggu hasil kajian dari Kemenkumham,” ucap Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik saat dikonfirmasi, Kamis (25/2/2021).

Muat Lebih

Adapun pelantikan kepala daerah terpilih Pilkada di Nusa Tenggara Timur dijadwalkan digelar Jumat 26 Februari 2021. Dari total enam kepala daerah, hanya lima pasang calon kepala daerah yang akan dilantik. Bupati Sabu Raijua terpilih yang masih akan menunggu jadwal pelantikan.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merekomendasikan penundaan pelantikan Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Patriot Riwu Kore. Hal ini karena telah terbukti memalsukan data kependudukannya ketika mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2020.

Rekomendasi tersebut dikirimkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) tertanggal Rabu, 3 Februari 2021, yang isinya meminta KPU berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait penundaan pelantikan Riwu Kore.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan