Setelah Divonis 2 Tahun, Eks Wali Kota Tanjungbalai Kembali Disidang di PN Medan, Kasus Suap Sekda

Senin, 21 Februari 2022 15:54
ist
Setelah Divonis 2 Tahun, Eks Wali Kota Tanjungbalai Kembali Disidang di PN Medan, Kasus Suap Sekda

digtara.com – Eks Wali Kota Tanjungbalai, Muhammad Syahrial kembali diadili di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (21/2/2022). Wali Kota Tanjungbalai Disidang

Dalam sidang perdana kali ini, Syahrial dijerat kasus suap sebesar Rp 100 juta yang ia terima dari mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjungbalai Yusmada (telah divonis bersalah).

Dakwaan disampaikan Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Amir Nurdianto dan Ferdian Adi Nugroho.

JPU mengatakan, uang suap tersebut, sebagai syarat menduduki posisi Sekda Tanjungbalai pada tahun 2019 lalu.

Baca: BNN Tangkap Pasangan Kekasih dan Kakek Pengedar Sabu Jaringan Malaysia-Tanjungbalai-Binjai

Dikatakan JPU, perkara ini bermula awal tahun 2019 lalu, saat terdakwa memanggil Sajali Lubis alias Jali selaku orang kepercayaannya untuk datang ke rumah dinasnya.

“Saat bertemu, terdakwa menanyakan apakah mengenal Yusmada selaku Kadis Perkim Kota Tanjungbalai dan apakah Yusmada tepat menjadi Sekda Kota Tanjungbalai menggantikan Almarhum Abdi Nusa,” kata JPU.

Baca: Gadis Belia di Tanjungbalai Diperkosa Ayah Tiri Sejak Usia 10 Tahun, Pelaku Dibekuk

Terdakwa meminta Sajali menemui Yusmada untuk menawarkan jabatan Sekda Kota Tanjungbalai. Namun atas tawaran tersebut Yusmada belum bisa memberikan jawaban.

Kemudian pada 9 Juli 2019 terdapat 8 orang yang mengajukan berkas untuk mengikuti seleksi sekda Tanjung Balai. Satu diantaranya yakni Yusmada yang saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait