Polri Terima Memori Banding 4 Kaki Tangan Ferdy Sambo yang Dipecat

Rabu, 21 September 2022 22:11

digtara.com – Kasus perwira polisi kaki tangan Ferdy Sambo yang terkait pembunuhan Brigadir J masih bergulir. Terkini, empat perwira menengah polisi yang dipecat mengajukan memori banding.

Keempat pamen Polri itu ialah Kombes Agus Nurpatria, Kompol Chuck Putranto, Kompol Baiquni Wibowo, dan AKBP Jerry Raymond Siagian.

Sebanyak tiga di antaranya, yakni Kombes Agus Nurpatria, Kompol Chuck Putranto, Kompol Baiquni Wibowo, merupakan tersangka obstruction of justice kasus pembunuhan Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Sementara, AKBP Jerry Raymond Siagian, dipecat dari Polri gegara tidak profesional dalam penanganan laporan pelecehan seksual dan ancaman pembunuhan dengan terlapor ajudan Ferdy Sambo.

“Sudah, memori banding sudah diserahkan kemarin,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (21/9).

Perihal permohonan banding sendiri diatur dalam Pasal 69 dan 70 Peraturan Kepolsian Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi Polri dan Komisi Kode Etik Polri.

Dalam pasal itu dijelaskan bahwa pemohon banding mengajukan memori banding kepada pejabat pembentuk KKEP Banding melalui Sekretariat KKEP Banding dalam jangka waktu paling lama 21 hari kerja sejak diterimanya putusan. Irjen Dedi belum menjelaskan lebih terperinci soal jadwal sidang KKEP Banding terhadap empat perwira menengah Polri itu.

Jenderal bintang dua itu beralasan masih menunggu informasi lanjutan dari Biro Pertanggungjawaban dan Profesi (Rowabprof) Divisi Profesi dan Propam Polri.

“Belum, kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari (Biro) Wabprof,” ungkap Irjen Dedi.

Sebelumnya, KKEP Banding menolak banding Ferdy Sambo atas putusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dari sebagai anggota Polri.

Putusan itu dibacakan Majelis KKEP Banding di ruang sidang Gedung TNCC, Mabes Polri, Senin (19/9). “Memutuskan permohonan banding dari Saudara Ferdy Sambo, menolak permohonan banding pemohon,” kata Ketua KKEP Banding Komjen Agung Budi Maryoto.

Laman: 1 2

Berita Terkait