Kuasa Hukum Randi Badjideh Minta Jaksa Buktikan Dakwaannya, Pengacara Korban Bilang Begini

Rabu, 11 Mei 2022 18:30
ist
Terdakwa Randi

digtara.com – Beny Taopan selaku kuasa hukum terdakwa Randi Badjideh menegaskan dakwaan yang telah dibacakan penuntut umum harus dibuktikan terhadap rangkaian peristiwa dalam kasus itu.

“Karena beban pembuktian itu berada pada jaksa, jaksa harus membuktikan terhadap rangkaian peristiwa yang digambarkan dalam dakwaan tersebut,” ujar Benny Taopan usai persidangan di PN Kelas 1A Kupang, Rabu (11/5/2022).

Beny Taopan mengapresiasi perkara ini telah mulai disidangkan dengan agenda pertama pembacaan dakwaan oleh penuntut umum terhadap kliennya.

“Pertama-tama kita bersyukur bahwa perkara ini telah masuk dalam persidangan dari hari ini telah masuk dalam pembacaan dakwaan. Dakwaan yang dibacakan oleh jaksa itu minimal mengklarifikasi banyak hal yang beredar dimasyarakat soal kejadiannya,” ujar Benny bersama tim kuasa hukum terdakwa.

Ia juga mensyukuri dalam persidangan sebelumnya telah terungkap pokok-pokok dakwaan yang disampaikan jaksa, dan pada persidangan berikut dengan agenda tanggapan penasehat hukum terdakwa atas dakwaan penuntut umum.

“Kami bersyukur tadi terungkap di sidang berkaitan dengan dakwaan jaksa, nanti tinggal jaksa membuktikan seperti apa kelanjutannya nanti apakah sesuai dakwaan atau tidak itu nantinya masuk dalam pokok perkara. Kami juga diberikan ruang untuk mengoreksi apakah dakwaan itu, secara formilnya itu sudah memenuhi atau tidak,” jelasnya.

Ia menilai dalam persidang sebelumnya juga mendapatkan respon dari kliennya selaku terdakwa, atas beberapa dakwaan JPU yang dinilai tidak dikatakan dalam BAP sebelumnya dengan penyidik.

“Yang pasti kami bersyukur tadi bahwa ada tanggapan langsung dari Randi secara langsung, bahwa beberapa catatan dari dakaaan itu menurut dia (Randi), tidak benar kalau merujuk pada BAP dia karena tidak ada kata-kata yang ada pada dakwaan tersebut,” ujar Benny.

Benny menyampaikan pihaknya akan mengawal proses hukum tersebut dengan menyesuaikan hukum yang ada, dan akan menggali fakta-fakta dalam persidang.

“Kami juga mengawal proses hukum sesuai hukum yang ada, tidak lebih tidak kurang. Kami akan menggali fakta dalam persidangan memberikan advise hukum kepada klien kami secara maksimal tapi tidak melanggar hukum. Randi tadi bilang dia tidak membunuh anak Lael seperti di dakwaan, tapi mungkin jaksa punya saksi lain ataukah jaksa mengambil berita dari mana begitu,” jelasnya.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait