Kontras Sumut Gugat Polsek Panyabungan dan Kejaksaan Negeri Madina

  • Whatsapp
Kontras Sumut Gugat Polsek Panyabungam dan Kejaksaan Negeri Madina
Yusri bersama KontraS di Pengadilan Negri Madina, (istimewa)

digtara.com – Dituduh mencuri dengan kekerasan, namun tidak terbukti bersalah, Yusri didampingi Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Sumtera Utara (Sumut) menggugat Polsek Panyabungan dan Kejaksaan Negeri Madina. Kontras Sumut Gugat Polsek Panyabungam dan Kejaksaan Negeri Madina

Staff Advokasi KontraS Sumut, Ali Isnandar menjelaskan kliennya atas nama Yusril Mahendra (22), warga Desa Gunung Tua Ipar Pondar, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal mengajukan gugatan terhadap Polsek Panyabungan dan Kejaksaan Negeri Mandailing Natal karena diduga melakukan perbuatan melawan hukum.

“Polemik ini bermula pada bulan Oktober 2017. Saat itu, terjadi peristiwa pencurian dengan kekerasan di salah satu rumah yang berada di Panyabungan, Kabupaten Mandiling Natal, Sumatera Utara. Berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: SP-Sidik/131/X/2017/Reskrim, Yusril dituduh telah melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan sebagaimana pasal 365 ayat (4) KUHP,” katanya kepada digtara.com, Rabu (23/9/2020).

Muat Lebih

Yusri menyampaikan dirinya sama sekali tidak mengetahui dan membantah terlibat dalam peristiwa itu. Namun dia justru mendapatkan intimidasi dan tindak kekerasan agar mengaku bahwa ia merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan.

“Karena bingung, terintimidasi dan tidak kuat menahan siksaan, akhirnya ku iyakanlah semua tuduhan polisi itu,” ujar Yusril.

Baca: Kembali Digugat, Walikota Padangsidimpuan Dituntut Ganti Rugi Rp30 Miliar

Ali menambahkan, setelah Yusri mendapatkan intimidasi dan mengiyakan tuduhan itu, lalu Pengadilan Negeri Mandailing Natal melalui putusan Nomor 47/ Pid.B/2018/PN Mdl memvonis Yusril bersalah.

Pengadilan menyatakan Yusril terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dalam kasus pencurian dengan kekerasan. Ia dihukum penjara 3 tahun 6 bulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar