Ketika Eks Pimpinan KPK Bambang Widjojanto Melawan KPK dan Jadi Pengacara Tersangka Korupsi

Rabu, 20 Juli 2022 17:21
detik
Bambang Widjojanto

digtara.com – Eks pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Bambang Widjojanto alias BW memilih untuk membela tersangka kasus korupsi.

Menurut tim Biro Hukum KPK, Ahmad Burhanuddin, posisi itu memunculkan konflik kepentingan lantaran Bambang merupakan mantan pimpinan KPK. Menurut Ahmad, mantan pimpinan KPK merupakan bagian dari lembaga antirasuah.

meski Bambang sudah tidak menjabat sebagai pimpinan KPK, namun antara KPK dan Bambang masih memiliki hubungan hukum. Pasalnya, KPK memiliki kewajiban memberikan bantuan hukum dan perlindungan keamanan terhadap Bambang.

“Yang bersangkutan sebagai mantan pimpinan KPK masih berhak untuk mendapatkan bantuan hukum dan perlindungan keamanan dari termohon (KPK),” kata Ahmad.

Dia merasa heran lantaran Bambang yang masih mendapatkan perlindungan hukum dari KPK kini malah membela tersangka dan melawan KPK di jalur praperadilan.

“Di sisi lain yang bersangkutan justru menjadi kuasa hukum pemohon yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh termohon (KPK). Bahkan mengajukan gugatan praperadilan kepada termohon terkait dengan perkara tindak pidana korupsi yang ditangani KPK sehingga posisinya berlawanan dengan termohon,” kata dia.

Selain itu BW selama ini juga merupakan ketua tim hukum dan pencegahan korupsi Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta.

Namun BW memutuskan mundur pada Selasa (19/7/2022) kemarin lantaran menjadi kuasa hukum Mardani Maming, tersangka kasus suap dan gratifikasi izin tambang di Tanah Bumbu.

“Saya memutuskan untuk tidak sekedar cuti tapi juga ingin tidak aktif dulu di TGUPP,” kata dia di PN Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2022).

Laman: 1 2

Berita Terkait