Kasus Korupsi Dana Desa di Kupang, Setahun Penetapan Tersangka, Berkas Bolak Balik Polres-Kejari

Sabtu, 02 Oktober 2021 11:39
ist
Penyidik Polres Kupang memeriksa kepala desa Baumata selaku tersangka kasus dana desa

digtara.com – Kasus tindak pidana korupsi dana desa di Desa Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang, NTT yang ditangani Polres Kupang, NTT masih jalan di tempat. Berkas perkara pun bolak balik dari Polres Kupang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Oelamasi, Kupang.

Padahal, sejak Desember 2020 lalu, pihak Polres Kupang sudah menetapkan dua tersangka kasus ini masing-masing kepala desa dan sekretaris desa Baumata.

Sayangnya, sejak ditetapkan menjadi tersangka, kedua aparat desa ini tidak ditahan polisi dengan alasan agar tidak menghambat program pemerintah di desa.

“Tersangka tidak kita tahan namun proses kasusnya tetap jalan,” ujar Kasat Reskrim Polres Kupang, AKP Nofi Posu,SH SIK saat dikonfirmasi belum lama ini.

Polisi, ujarnya sudah memeriksa saksi-saksi dan tersangka serta meminta keterangan ahli dan mengantongi hasil perhitungan kerugian dari kasus ini.

Beberapa kali berkas kasus ini dilimpahkan penyidik kepolisian ke kejaksaan namun dikembalikan dengan sejumlah petunjuk baru.

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Kupang, Andhi Ginanjar, SH MH yang dikonfirmasi Jumat (1/10/2021) mengaku kalau pihaknya masih meneliti berkas kasus ini. “Sedang kami teliti,” ujarnya.

Sedangkan Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH Manurung mengaku kalau pihaknya sudah mengirim kembali berkas kasus ini ke pihak kejaksaan. “Ada petunjuk jaksa dan dikembalikan. Kami sudah kirim kembali berkasnya namun ada petunjuk untuk dilengkapi. Kami berusaha melengkapinya,” tandas Kapolres Kupang, Sabtu (2/10/2021).

Laman: 1 2 3

Berita Terkait