Karier Mencengangkan Ferdy Sambo, Tak Pernah Tugas Jauh

Senin, 15 Agustus 2022 17:51
ist
Irjen Ferdy Sambo semasa menjabat dengan karier cemerlang

digtara.com – Ferdy Sambo jenderal bintang dua dengan karier mencengangkan. Tak pernah tugas jauh keluar pulau Jawa, Sambo banyak mendongkrak pangkatnya di Polda Metro hingga Mabes Polri.

Sambo salah satu jenderal bintang dua termuda yang dimiliki Polri sebelum akhirnya jadi tersangka pembunuhan Brigadir J.

Sepanjang karier di kepolisian sejak masuk Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1994, Ferdy Sambo hanya berputar-putar di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Mabes Polri. Bahkan, Ferdy Sambo tak pernah bertugas ke wilayah hukum Polda Jawa Timur.

Dirangkum dari suara.com dan sejumlah sumber, Ferdy Sambo lahir di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Sekitar 100 kilometer di utara Makassar atau dua jam perjalanan darat.

Ayahnya adalah petinggi Polri bernama Pieter Sambo yang pangkat terakhirnya Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol).

Ferdy Sambo tercatat bersekolah di SMPN 6 Ujung Pandang (kini Makassar) angkatan masuk tahun 1988 atau tamat 1991. Di sekolah ini, Ferdy juga bertemu dan berpacaran dengan Putri Candrawathi, istrinya saat ini.

Selepas SMP, dia melanjutkan sekolah di SMAN 1 Ujung Pandang (kini Makassar) dan tamat 1994.

Ia menjalani pendidikan perwira pertama (Pama) dari 1994 sampai 1995, kemudian bertugas sebagai Pamapta (perwira samapta) di Polres Metro Jakarta Timur. Dan mulai 1995 sampai 1997 menjadi Katim Tekab (Team Khusus Antibandit) di Polres Metro Jakarta Timur.

Kariernya terus menanjak hanya berpindah-pindah jabatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya sampai 2003. Sebab, pada tahun 2003, dia dimutasi ke wilayah hukum Polda Jawa Barat sampai 2008, hingga kembali lagi ke wilayah hukum Polda Metro Jaya paada 2008 sampai 2012.

Pada 2012 dia sempat menjadi Kapolres Purbalingga, kemudian Kapolres Brebes pada 2013. Kemudian kembali ke Polda Metro Jaya pada 2015, lanjut berputar-putar di Bareskrim Polri.

Pada tahun 2020, Ferdy Sambo menjadi Kadiv Propam Polri. Namun karier mencengangkan itu runtuh seketika setelah dia copot dari Kadiv Propam, dan masuk kotak sebagai Pai Tanma Polri 2012 seiring kasus penembakan Brigadir Joshua di rumah dinas Ferdy Sambo.

Selain moncer dalam karier, Ferdy Sambo pernah menangani sejumlah kasus yang menyita perhatian publik kala itu.

Kasus yang Ditangani Ferdy Sambo

Laman: 1 2 3

Berita Terkait