Jadi Tersangka Demo Anarkis, Ketua KAMI Medan Ajukan Praperadilan

Jadi Tersangka Demo Anarkis, Ketua KAMI Medan Ajukan Praperadilan
Para advokat dari KAUM sebagai kuasa hukum Ketua KAMI Medan, mendaftarkan gugatan Praperadilan atas penetapan tersangka terhadap Khairi Amri. (Satria H/Digtara)

digtara.com – Ketua Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Kota Medan, Khairi Amri ajukan upaya hukum Praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka oleh Polisi. Praperadilan itu telah diajukan ke Pengadilan Negeri Medan sore tadi.

Melalui kuasa hukumnya dari Korps Advokat Alumni Universitas Muhammadiyah Sumut (UMSU), Khairi Amri mendapat akta praperadilan dengan nomor: 73/Pid.Pra/2020/PN.MDN.

Ketua KAUM, Mahmud Irsyad Lubis seusai mendaftarkan gugatan itu mengatakan jika Khairi Amri disangkakan dengan pasal 45 UU ITE dan pasal 160 KUHP.

Muat Lebih

Selain itu, ia menyebut ada 3 aspek yang menjadi dasar dilakukannya praperadilan ini.

“Pertama aspek penetapan tersangka, kedua aspek penangkapan dan ketiga aspek penahanan,” katanya, Senin (19/10/2020).

BACA JUGA: Diduga Terlibat Unras, Ketua KAMI Medan Ditangkap Polisi

Selain itu, ia menjelaskan kalau berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi, 3 aspek di atas, termasuk penyitaan dan penggeledahan itu harus dimaknai berdasarkan sekurangnya 2 alat bukti yang cukup.

“Khairi Amari ditangkap hari Jumat saat aksi. Tanpa 2 alat bukti yang cukup. Dia ditangkap karena dituduh menyebar luaskan ujaran kebencian dan menghasut untuk melakukan tindak kekerasan,” ucapnya.

 

Tidak Sah…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

3 Komentar