Bahar Smith Tak Bersalah dan Dibebaskan PT Bandung

Rabu, 31 Agustus 2022 18:06

digtara.com – Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Bandung menyatakan Habib Bahar bin Smith tidak bersalah dan membebaskan dari dakwaan pertama primer dan subsider.

Meski demikian, hakim menyatakan dia bersalah karena melakukan perbuatan pidana menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau tidak lengkap.

“Memerintahkan agar terdakwa dikeluarkan dan tahanan di Rumah Tahanan Negara,” kata Ketua Majelis Hakim, Untung Widarto, dikutip dari daftar putusan Mahkamah Agung, dari Bandung, Rabu (30 /8 /2022).

Perintah tersebut, dilakukan setelah majelis hakim menerima banding dari jaksa penuntut umum dan memperbaiki vonis yang telah dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Bandung.

Sebelumnya, majelis hakim PN Bandung memvonis Smith dengan hukuman 6,5 bulan penjara. Dari vonis tersebut, jaksa penuntut umum kemudian mengajukan banding ke PT Bandung.

PT Bandung pun telah memutuskan Bahar Smith agar divonis 7 bulan penjara. Sehingga majelis hakim PT Bandung pun memerintahkan Bahar untuk dikeluarkan dari rumah tahanan.

“Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa tersebut dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” kata hakim PT Bandung. Antara

Berita Terkait