Gempa 4 SR Guncang Labuan Bajo-Manggarai Barat

Rabu, 09 Juni 2021 12:12
ilustrasi
Gempa bumi.

digtara.com – Gempa bumi tektonik kembali guncang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (9/6/2021). Kali ini gempa terjadi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Gempa 4 SR Guncang Labuan Bajo-Manggarai Barat

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4.5 Skala Richter, dengan episenter terletak pada koordinat 7.99 Lintang Selatan dan 120.26 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 69 km Timur Laut Labuan Bajo, pada kedalaman 10 kilometer.

Observer Geofisika Stasiun Waingapu, Sumba Timur, Nelson Butar Butar mengatakan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Thrust).

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Ruteng II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Hingga pukul 12:12 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada Masyarakat diimbau agar tetap tenang, tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” imbuh Nelson.

[ya]  Gempa 4 SR Guncang Labuan Bajo-Manggarai Barat

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Berita Terkait