Peneliti Jerman: Virus Corona Sangat Cepat dan Mudah Menular

Kamis, 23 April 2020 07:45
coronavirus disease (covid-19)

digtara.com – Para peneliti Jerman menyebut bahwa virus corona yang menyebabkan corona virus disease (covid-19) bisa dengan sangat cepat berlipat ganda di dalam tenggorokan manusia. Hal itu membuat virus tersebut dengan sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang lainnya dibanding pada SARS.

Penelitian yang dipublikasikan di Nature pada 1 April itu dikerjakan oleh tim dari Berlin, Munich, dan Cambridge, dan didasarkan pada perawatan klinis dari sebuah kelompok beranggotakan 9 pasien covid-19 seperti dilansir laman AsiaOne, Kamis (23/04/2020).

Menurut tim yang dipimpin Christian Drosten dari Charite University Hospital di Berlin dan Clemens Wendtner dari Schabing Clinic di Munich, temuan itu menyarankan bahwa virus corona baru bisa dengan mudah menyebar melalui droplets, mengindikasikan bahwa metode penyebaran ini harus menjadi fokus langkah pencegahan.

Hasil penelitian ini juga datang bersamaan dengan pernyataan WHO yang mengakui penggunaan masker oleh masyarakat bisa membantu penyebaran virus dari manusia ke manusia.Sembilan pasien dalam penelitian itu mengalami gejala ringan dan berusia muda hingga pekerja profesional berusia paruh baya dan dirawat di rumah sakit di Munich.

Studi juga menemukan bahwa virus corona baru ini memiliki sifat yang mirip dengan virus SARS dalam hal menduplikasi diri di dalam paru-paru dan saluran pencernaan. Namun, para peneliti menambahkan virus baru ini lebih menular karena virus ini juga bisa melalui saluran pernapasan atas pada hari-hari awal sakit.

[ya]

Berita Terkait