Pemerintah Australia Minta Warganya Bersiap Hadapi Siklon Tropis Seroja

  • Whatsapp
australia Korban Meninggal Bencana Badai Seroja
Dampak siklon tropis seroja yang melanda NTT (cnn/digtara)

digtara.com – Wilayah Nusa Tenggara Timur, sudah porak-poranda dilanda Siklon Tropis Seroja. Kini, pemerintah Australia sudah memberi peringatan dini pada warganya akan kemungkinan datangnya bencana tersebut di wilayah Australia Barat pada Minggu (11/4).

“Ada kemungkinan mengancam nyawa dan rumah saat topan(siklon seroja) mendekati daerah itu,” ujar Departemen Kebakaran dan Layanan Darurat (DFES) melansir CnnIndonesia yang mengutip laporan kantor berita AP.

Pemerintah setempat meminta penduduk di Denham, Shark Bay untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebab ada kemungkinan terpaan badai yang besar.

Muat Lebih

Menurut Biro Meteorologi setempat, angin kencang kategori 2 dengan cepat bergerak ke tenggara dan menguat menjadi kategori 3.

Klasifikasi kategori 3 terlihat dari kecepatan angin hingga 224 kilometer per jam.

“Dampak ke pantai barat dimulai sore ini. Kondisi berbahaya termasuk hembusan angin yang merusak, curah hujan yang tinggi dan gelombang badai,” ujar DFES.

Dikutip ABC, peringatan telah dikeluarkan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Carnarvon dan Northampton karena Siklon Tropis Seroja semakin cepat menuju pantai Barat Australia.

Peringatan itu juga diberikan kepada masyarakat yang berada di Kalbarri, Northampton, Port Gregory dan Horrocks.

Topan Seroja diprediksi akan melintas sekitar pantai Kalbarri dan Geraldton pada pukul 21.00 waktu setempat, dengan cuaca yang cukup cerah sebelumnya.

Pemerintah setempat bersiap menghadapi kerusakan tinggi pada bangunan yang berada di daerah tersebut.

Menteri layanan darurat mengatakan hal ini mengingat bangunan tidak didesain untuk dapat menahan angin kencang dari Siklon Tropis Seroja. Biasanya fenomena itu melanda ke wilayah bagian selatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan