Jepang Diterjang Tsunami Setelah Letusan Tonga

Minggu, 16 Januari 2022 18:52
Letusan gunung berapi bawah laut di Tonga. (Tonga Geological Services)

Menurut situs Kementerian Luar Negeri, ada 35 warga Jepang di Tonga per April 2020. Letusan gunung berapi bawah laut di Tonga sangat dahsyat hingga tercatat di seluruh dunia, kata para ilmuwan Minggu.

Gambar satelit menunjukkan letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha’apai yang panjang memuntahkan asap dan abu ke udara, dengan suara gemuruh yang terdengar 10.000 kilometer (6.000 mil) jauhnya di Alaska.

Internet dan saluran telepon terputus sekitar pukul 18.40 waktu setempat pada hari Sabtu, membuat 105.000 penduduk di pulau-pulau itu hampir tidak dapat dihubungi.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan pada hari Minggu bahwa tsunami telah menyebabkan “kerusakan yang signifikan” pada ibu kota negara kepulauan itu.

“Tsunami memiliki dampak yang signifikan di pantai di sisi utara Nuku’alofa dengan perahu dan batu-batu besar terdampar,” kata Ardern setelah kontak dengan Kedutaan Besar Selandia Baru di Tonga.

“Nuku’alofa tertutup lapisan debu vulkanik tebal tapi sebaliknya kondisinya tenang dan stabil.”

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama digtara.com dengan suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab suara.com.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe

Jepang Diterjang Tsunami Setelah Letusan Tonga

Laman: 1 2

Berita Terkait