Jepang Diterjang Tsunami Setelah Letusan Tonga

Minggu, 16 Januari 2022 18:52
Letusan gunung berapi bawah laut di Tonga. (Tonga Geological Services)

digtara.com – Sepanjang Pantai Pasifik Jepang dihantam tsunami pada Minggu pagi menyusul letusan gunung berapi bawah laut besar-besaran di negara kepulauan Pasifik Selatan, Tonga.

Menyadur Japan Times Minggu (16/1/2022), hal ini mendorong badan cuaca Jepang untuk mengeluarkan peringatan tsunami dan lebih dari 210.000 warga dipaksa pindah ke tempat yang tinggi.

Badan Meteorologi awalnya mengatakan pada hari Minggu bahwa tsunami setinggi 3 meter mungkin masih melanda prefektur timur laut Iwate, tapi kemudian itu diturukan menjadi peringatan saja.

Baca: Letusan Gunung di Laut Tonga Terdengar Hingga Alaska dan Picu Tsunami di Banyak Negara

Tsunami 1,2 meter diamati di kota Amami sesaat sebelum Sabtu tengah malam, sementara tsunami 1,1 meter tiba di Prefektur Iwate pada pukul 2:26 pagi hari Minggu.

Tsunami kecil kurang dari 1 meter diamati di wilayah dari pantai Pasifik Hokkaido ke Kyushu dan Okinawa. Sementara ini tidak ada laporan tentang korban cedera.

Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana mengatakan setidaknya 210.000 orang di tujuh prefektur – Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Kochi, Miyazaki dan Kagoshima – diminta untuk meninggalkan pantai.

Peringatan itu mencakup daerah-daerah yang dilanda tsunami Maret 2011 yang mematikan.

Pemerintah Jepang memastikan keselamatan warga mereka yang ada di Tonga. Kementerian Luar Negeri melakukan kontak dengan Kedutaan Besar Jepang di negara Kepulauan Pasifik tapi pemadaman listrik dan faktor-faktor lain menghambat komunikasi lokal.

Laman: 1 2

Berita Terkait