Catat! 10 Juni Gerhana Matahari Cincin, Ada Dampaknya Lho

Selasa, 08 Juni 2021 08:23

digtara.comGerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada 10 Juni pekan ini di sejumlah wilayah di Kanada, Eropa dan sebagian Tiongkok. Dan ternyata GMC akan menyebabkan sejumlah efek bagi Bumi.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan, dampak nyata akan terjadi di laut.

“Secara umum dampak yang terlihat adalah pasang air laut,” ujar Rahmat dilihat dari CNNIndonesia.com, Selasa (8/6/2021).

Rahmat mengatakan pasang air laut saat GMC akibat gravitasi Bulan dan Matahari yang maksimal saat gerhana.

Meski demikian, Rahmat menyebut efek pasang air laut pada suatu lokasi akibat Gerhana Matahari Cincin tergantung juga pada kondisi topografis pantai tersebut.

Sebelumnya Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin mengatakan Gerhana Matahari Cincin bisa mengganggu frekuensi telekomunikasi yang menggunakan ionosfer.

Menurut Thomas, terganggunya aktivitas telekomunikasi karena kurangnya intensitas cahaya di bumi. Gerhana Matahari mempengaruhi lapisan ionosfer yang merupakan lapisan udara sekitar 100 kilometer lebih di atas permukaan bumi.

Laman: 1 2

Berita Terkait